HomeBERITANU Kabupaten Blitar Mengritik SE Bupati Membuat Resah Ustadz, Ustadzah, Pelaku Pendidikan...

NU Kabupaten Blitar Mengritik SE Bupati Membuat Resah Ustadz, Ustadzah, Pelaku Pendidikan Diniyah dan TPQ

Sekertaris NU Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id – Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah mengeluarkan Surat Edaran yang berisi Pelaksanaan Program Sekolah Sak Ngajine untuk PAUD/TK/SD/SMP di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.

Surat Edaran ini membuat Pengurus Cabang NU Kabupaten Blitar berang, karena surat Edaran Bupati ini sangat berdampak sekali bagi NU dan ratusan TPQ/Madin di Kabupaten Blitar. Dari 22 Kecamatan hampir semua protes dan mengeluh ke NU,” ujar Sekretaris NU Kabupaten Blitar Juni Arifin.

Pengurus Cabang NU Kabupaten Blitar membuat Surat Peryataan Sikap penolakan Surat Edaran Bupati tersebut dengan Nomor 698/PC/A-11/L- 23/VIII/2022 yang di tanda tangani Ketua Pengurus Cabang NU Kabupaten Blitar KH. Masdain Rifa’i dan Sekretaris Juni Arifin serta Rois KH. Moh Ardani Ahmad dan Katib K A. Fauzi Hamzah Syam.

Baca Juga : Wabup Blitar Rahmat Santoso Cabut Izin Padepokan Gus Samsudin Karena 3 Alasan, Berikut Alasanya!

Sedangkan isi surat Peryataan Sikap penolakan yaitu :

  1. Menolak pemberlakuan SE Bupati Nomor B/240/1122/409.10.3/2022 sebelum adanya telaah dan kajian lebih dalam dari para ahli pendidikan serta pedoman yang jelas dan lengkap dengan acuan pelaksanaannya .
  2. Menolak sebelum adanya keterlibatan stakeholder dan tokoh pendidikan ,tokoh seluruh agama , organisasi kependidikan dan organisasi keagamaan beserta ormas ormasnya untuk pemberlakuan SE tersebut.
  3. Menolak tanpa adanya uji kelayakan atas di berlakukan SE tersebut oleh lembaga pendidikan dengan menghitung sosial efeknya.
  4. Menolak SE itu karena menganggu para pendidik dan kelestarian lembaga pendidikan ,TPQ, Madrasah Diniyah dan Pesantren yang sudah berjalan saat ini di masyarakat .

Sekretaris NU Kabupaten Blitar Juni Arifin menegaskan, Kami di NU sudah capek dengan situasi di Kabupaten blitar yang gaduh terus seperti ini. KemarIn sudah gaduh terkait Gus Samsudin, kita di NU juga menjadi sosial efek, sekarang SE Bupati ini.

Kita berharap Bupati Blitar segera menanggapi dan menyikapi Surat penolakan terkait Surat Edaran Bupati ini. Kita juga telah kirim surat ke Pemda Kabupaten Blitar, juga kita dengan tembusan Kementerian Agama dan FKUD agar SE Bupati ini dicabut,” pungkas Juni Arifin.

Sedangkan dari pihak Pemerintah Kabupaten Blitar, ketika kita menghubungi Sekda Kabupaten Blitar Izul Mahrom Tidak dijawab ketika di telpon, lalu kita menghubungi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Luhur Sejati lewat Sambungan telpon dan mengatakan, Saya belum tahu penolakannya bentuknya apa, saya belum bisa memberi tanggapan nanti jika kami sudah tahu baru kami akan memberi tanggapan.

Baca Juga : Persidangan Kasus Pencabulan Bechi Jombang, Bakal Hadirkan 40 Saksi dan Ahli

Luhur Sejati, mengatakan program sekolah sak ngajinya itu bukan menjadi ancaman madrasah tidak dapat siswa, bukan menjadi ancaman Madin menjadi tutup tetapi justru Madin akan di ajak kerjasama oleh masing masing lembaga .

Ketika ditanya terkait pembuatan SE Bupati ini pihak lain atau NU tidak dilibatkan. Luhur Sejati menjawab, Saya tidak bisa komentar terhadap indikasi dilibatkan dan sebagainya.

Tetapi misalnya apakah niatan mengajak anak-anak mengaji itu salah atau benar, kita lihat disitu sajalah tidak usah berpikir jauh-jauh, kita berpikir enteng-enteng sajalah, jadi bukan kita tidak mengajak orang untuk berbicara bukan itu maksudnya,” jelas Luhur Sejati Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...

Polres Blitar Kota Amankan Dua Pelajar Perakit dan Penjual Bahan Petasan

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Blitar Kota, melalui kegiatan operasi Cipta Kondisi dan Penyakit Masyarakat 2024 menyita tiga kilogram bahan peledak, beberapa selongsong...

Kapolres Blitar Terima Audensi PSHT Cabang Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Kapolres Blitar AKBP Wiwit Andisatria menerima audensi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar, Sampaikan kepengurusan baru dan meminta bisa...