HomeTNIOptimalkan Potensi Wilayah, Babinsa Lembongan Sambangi Petani Rumput Laut

Optimalkan Potensi Wilayah, Babinsa Lembongan Sambangi Petani Rumput Laut

Klungkung, SMNNews.co.id – Budidaya rumput laut  menjadi salah satu potensi yang ada di desa Lembongan, Nusa Penida. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Kopda I Komang Adnyana yang saat ini menjabat sebagai Babinsa Lembongan.

Disela kegiatan berkeliling wilayah, dirinya mnyempatkan waktu untuk menyambangi pak Nyoman Tunggu, salah satu warga yang sehari-harinya sebagai pembudidaya rumput laut, Kamis (18/08/22).

Kopda Komang mengatakan, pengolahan hasil budidaya rumput laut, dapat menghasilkan komuditi yang baik serta dapat mengelola dan memasarkan untuk menjadi satu produk yang mempunyai nilai jual tinggi, sehingga para kelompok tani rumput laut dapat hidup sejahtera.

“Kita saling memberikan informasi, dan menyerap aspirasi keinginan dari masyarakat terkait permasalahan yang terjadi diwilayah binaanya,” ujar Kopda Komang.

Sambil membersihkan rumput laut, Nyoman Tunggu (53), bercerita bahwa budidaya rumput laut ini merupakan komoditas yang sudah ditekuni puluhan tahun di Lembongan. Apalagi saat pandemi Covid 19 melanda, rumput laut inilah menjadi penyelamat dan penopang perekonomian keluarganya.

Nyoman juga menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi dalam budidaya rumput laut ini. Mulai harga bibit yang terkadang naik turun, pengaruh cuaca yang tidak bersahabat serta berbagai macam hama yang menyerang rumput laut menjadi penyebab hasil panen tidak maksimal.

 “Ya, namanya juga pekerjaan pasti memiliki resiko serta lika-liku masing-masing,” ungkapnya sembari tersenyum.

Sementara itu, Dandim Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si menjelaskan, melalui Komsos, seorang Babinsa akan dapat membangun komunikasi dan ikatan silahturahmi dengan seluruh komponen masyarakat di wilayah binaan.

Hal ini tentunya akan berdampak baik terhadap keberhasilan seorang Babinsa saat menjalankan tugas dilapangan. Hal tersebut akan menjadi kunci sukses “Babinsa dalam  mengetahui perkembangan situasi di wilayah desa binaan dalam rangka  deteksi dini dan cegah dini, sehingga apabila ada hal-hal negatif  bisa direspon dengan cepat,” pungkasnya. (*)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...

Polres Blitar Kota Amankan Dua Pelajar Perakit dan Penjual Bahan Petasan

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Kepolisian Resor Blitar Kota, melalui kegiatan operasi Cipta Kondisi dan Penyakit Masyarakat 2024 menyita tiga kilogram bahan peledak, beberapa selongsong...

Kapolres Blitar Terima Audensi PSHT Cabang Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Kapolres Blitar AKBP Wiwit Andisatria menerima audensi Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Blitar, Sampaikan kepengurusan baru dan meminta bisa...