HomeJAWA TIMURNGAWIP-APBD, Target Habiskan Anggaran Rp 233 M dalam 5 Bulan

P-APBD, Target Habiskan Anggaran Rp 233 M dalam 5 Bulan

Penyerahan buku rancangan PAPBD oleh Bupati Ngawi ke Ketua DPRD setempat

Ngawi, suaramedinasional.co.id – Banyak memiliki dana simpanan tak selamanya bagus. Inilah yang dialami Pemerintah Kabupaten Ngawi dengan kepemilikan Sisa Lebih Pagu Anggaran (Silpa) Rp 232 M yang harus dihabiskan dalam Perubahan APBD 2019 ini.

Angka spektakuler ini masih ditambah beberapa penambahan dana yang diprediksi akan datang dari sumber-sumber lain sehingga jumlahnya mencapai lebih dari Rp 233 M. “Silpa yang tinggi, memperburuk performa APBD Ngawi. Jadi targetnya ya memang sebisanya direncanakan terserap semua sampai akhir Desember ini,” ungkap Bupati Ngawi, Budi Sulistyono.

Hal itu disampaikan Kanang, sapaan akrabnya, dalam rapat paripurna di DPRD Ngawi dengan agenda pembahasan Perubahan APBD 2019.

Silpa tinggi di Ngawi disebabkan beberapa hal diantaranya peningkatan pendapatan asli daerah sebesar 1,9 persen, proyek infrastruktur yang belum kelar lelang, pelaksanaan DAK yang harus menunggu regulasi pusat, penambahan dana cukai migas dan belum terserapnya dana hibah bantuan sosial (bansos) ke masyarakat. “Dana hibah daerah misalnya, memang ada warning KPK agar jangan dikucurkan menjelang Pemilu, termasuk dalam hal ini hasil serapan aspirasi dewan atau disebut program pokok pikiran. Makanya kita rencanakan di PAPBD,” ungkap Kanang, sapaan akrabnya.

Beberapa sorotan pun mampir ke kinerja Pemkab seperti tentang tingginya angka belanja pegawai, kurang optimalnya serapan dan pesan fraksi-fraksi agar anggaran digunakan secara efektif dan efisien.

Walau seluruh fraksi menerima penyampaian nota keuangan bupati, namun Ketua DPRD, Dwi Rianto Jatmiko, mengakui bahwa kinerja Pemkab perlu terus dikontrol dan dievaluasi. “Serapan dana APBD sangat perlu dioptimalkan, program dan proyek infrastruktur juga perlu segera dilaksanakan,” ujarnya.

Walau serapan dalam semester I tahun ini, terhitung kurang bagus, namun Antok, sapaan akrab Ketua DPRD Ngawi ini optimis, anggaran di P-APBD 2019 sebesar Rp 233 M lebih, akan bisa tandas di akhir tahun ini. “Kan hampir semua sdah terencana sejak di APBD hanya perlu dieksekusi saja. Selain itu perencanaan anggaran yang terhitung baru kemungkinan hanya pada sisi variable cost saja dan jumlahnya paling banyak hanya sekitar Rp 29 M saja,” kata Antok. (ari) 

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...