HomeJAWA TIMURPadukan Tradisi dan Potensi Desa, Mantingan Gelar Grebeg Budaya

Padukan Tradisi dan Potensi Desa, Mantingan Gelar Grebeg Budaya

Ony Anwar Harsono, Bupati Ngawi saat tiba di gelaran Grebeg Budaya Mantingan, Jumat (9/9/2922).

NGAWI, SMNNews.co.id – Sebuah bata ditendang dan hancur, bukanlah semata sebuah pertunjukan kekuatan. Nun di Mantingan, sebuah desa ujung barat Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Hal itu menyiratkan makna dalam.

Dikenal sebagai istilah jejeg boto atau menendang batu bata, hal itu menandakan kehendak seorang pemimpin untuk menghilangkan sekat antara dirinya dengan rakyat.

Tanda bahwa harus mampu membaur dan menyelami kehidupan masyarakatnya sehingga mampu memberikan kebijakan yang pro rakyat.

Baca Juga : BLT Dana Subsidi BBM Mulai Disalurkan, Puluhan Ribu Warga Ngawi Jadi Penerimanya

Filosofi itu juga yang diusung dalam gelaran Grebeg Budaya Mantingan, Jum’at-Minggu (9-11/9/2022). Grebeg di Mantingan ini juga dihadiri Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan diikuti 7 desa yang ada di wilayah itu.

“Sebagai bagian dari nguri-uri budaya dan tradisi, maka digelarlah Grebeg Budaya Mantingan ini, ” ungkap M. Davit Mukti Aji, Camat Mantingan.

Didukung semua desa di Mantingan, gelaran Grebeg Budaya itu juga menampilkan berbagai pertunjukkan seni tradisi seperti Tari Klantung, tarian nusantara bahkan reog.

Selain itu, dalam Grebeg Mantingan juga dilakukan arak-arakan sembilan gunungan yang dikawal seribu bergodo, semacam pasukan pengawal dengan berbaju Jawa.

Selain menampilkan adiluhungnya warisan budaya, Grebeg Mantingan juga mencoba memadukan eksisnya seni dna tradisi saat deraan modernisasi dan kecanggihan teknologi terus menggempur.

Baca Juga : HUT Desa ke-692 Pemdes Ngadirenggo Wlingi Adakan Giat Kirab Budaya

Hal itu tampak dengan tampilnya grup drumband bahkan grebeg uuga diisi dengan off road.

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, yang hadir saat Grebeg Budaya Mantingan, melihat bahwa kegiatan grebeg itu merupakan bukti persatuan kesatuan masyarakat serta patut dilestarikan sebagai potensi yang menarik wisatawan. ***

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Ini Pesan Wabup Madiun! Saat Melantik Pengurus Kwarran Kecamatan Kare

MADIUN, SMNNews.co.id - Selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Madiun, Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto melantik pengurus Kwarran Kecamatan Kare Periode 2022-2025 di...

Sebagai Bentuk Kepedulian! Kapolres Madiun Bagikan Ratusan Alquran ke Masjid dan Ponpes

MADIUN, SMNNews.co.id - Kapolres Madiun, AKBP Anton Prasetyo membagikan 250 Alquran ke beberapa Masjid, Mushala dan Pondok pesantren yang ada di Kabupaten Madiun, Senin...

Mas Bupati Mantu 134 Pasutri, Satukan Manula yang CLBK

NGAWI, SMNNews.co.id - Sesendok nasi kuning disuapkan Ahmad Sukar ke mulut istrinya, Darinem. Pasangan berusia lebih dari 60 tahun itu saling pandang dan menebar...