HomeBERITAPantau Pasar Rawamangun, Menteri Perdagangan Pastikan Pasokan Bapok Aman Jelang Lebaran

Pantau Pasar Rawamangun, Menteri Perdagangan Pastikan Pasokan Bapok Aman Jelang Lebaran

Mendag M. Lutfi saat melakukan pemantauan pasokan dan harga bahan pokok di Pasar Rawamangun, Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Jakarta, SMNNews.co.id – Dua pekan jelang hari raya Idul Fitri, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, melakukan pemantauan pasokan dan harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Pasar Rawamangun Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Saat pemantauan itu, M. Lutfi menegaskan bahwa pasokan bapok cukup untuk menghadapi Lebaran dengan harga terjangkau.

Pemantauan di Pasar Rawamangun dihadiri Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Ketua Satgas Pangan Polri, Brigjen Whisnu Hermawan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog, Mokhamad Suyamto.

“Hari ini kita melihat ketersediaan bapok ketika Ramadan dan bersiap-siap sebelum hari raya Idul Fitri. Bapok stoknya cukup dan karenanya mudah-mudahan harga bisa terjangkau,” ujar Mendag Lutfi.

Mendag Lutfi mengungkapkan, sebagian besar harga bapok cenderung turun. Misalnya, harga beras stabil berada di kisaran Rp10 ribu per kilogram untuk beras medium dan Rp12.400 per kilogram untuk beras premium.

Komoditas lain, seperti cabai dan bawang, harganya cenderung turun. Harga cabai merah keriting turun 11,09 persen, cabai merah besar turun 6,83 persen, cabai rawit merah turun 22,84 persen, serta bawang merah turun 5,77 persen.

Pasokan gula masih cukup meskipun mengalami kenaikan harga. Saat ini gula pasir berada di kisaran Rp14.700 per kilogram. Angka itu naik 3,52 persen dibanding bulan sebelumnya. Kenaikan harga ini didorong oleh harga paritas impor.

“Sementara harga telur dan ayam cenderung turun dan diharapkan terus stabil, jangan turun terlalu banyak untuk memberikan keuntungan kepada peternak,” tandas Mendag Lutfi.

M. Lutfi melanjutkan, harga minyak goreng curah masih relatif tinggi. Di Pasar Rawamangun minyak goreng curah dijual dengan harga Rp16 ribu per kilogram.

“Kondisi harga ini akan terus membaik dan diharapkan sesuai dengan harga yang ditentukan Pemerintah sebelum Lebaran, sesuai HET Rp14 ribu per liter,” ucapnya.

Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi, menyebutkan, saat ini pihaknya harus menjaga harga di tingkat hulu dan hilir.

“Harga di tingkat hulu diharapkan tidak terlalu turun sehingga petani dan peternak dapat merasakan harga yang baik. Sampai dengan Lebaran, kita pastikan stok stabil dan masuk terus ke Jakarta,” ungkapnya.

Arief melanjutkan, berdasarkan pantauan di pasar, harga daging sapi cenderung mengalami kenaikan dengan kisaran Rp130 ribu sampai Rp140 ribu per kilogram.

Kenaikan ini disebabkan harga bakalan dari luar negeri yang meningkat. Untuk itu, pasokan daging sapi akan diseimbangkan dengan pasokan beberapa produk lain, seperti daging beku.

“Jadi dipastikan masyarakat mendapatkan alternatif untuk membeli daging sapi segar, daging sapi beku, dan daging kerbau. Pemerintah memastikan menjelang Lebaran harga daging akan terjangkau,” jelas Arief

Whisnu Hermawan, Wakil Ketua Satgas Pangan Polri, mengungkapkan, peredaran bapok terus diawasi. Satgas Pangan Polri, di tingkat pusat dan daerah terus mengawal dan mengawasi peredaran bapok itu, khususnya menghadapi Idulf Fitri.

“Kami pastikan semua komoditas bapok tersedia. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir karena stok bapok dipastikan ada,” imbuhnya. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...