HomeBERITAPasar Cubadak Kecamatan Duo koto Banjir akibat Luapan Sungai Batang Pasaman

Pasar Cubadak Kecamatan Duo koto Banjir akibat Luapan Sungai Batang Pasaman

Pasaman, smnnews.co.id -Tingginya intensitas hujan yang mengguyur daerah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat sejak tadi malam mengakibatkan banjir di daerah Pasar Cubadak, Jorong Tanah Putih, Nagari Cubadak, Kecamatan Dua Koto pagi ini, Selasa (14/4/2020).

Wali Nagari Cubadak, Yuni Yelfi kepada awak media mengatakan banjir tersebut diakibatkan oleh luapan Sungai Batang Pasaman yang berada dipinggir pemukiman warga setempat.

“Air sungai mulai meluap dan menggenangi pemukiman warga sejak pukul 05. 00 WIB tadi. Ketinggian air beragam sekitar 50 centimeter,“ terang Yuni Yelfi.

Akibat Banjir itu kata Yuni Yelfi puluhan rumah warga serta areal persawahan masyarakat turut terendam.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tetapi puluhan rumah di Pasar Cubadak ini sudah direndam banjir. Belum lagi puluhan hektare sawah masyarakat juga diterjang banjir,“ tambah Yuni Yelfi.

Disamping itu kata dia banjir juga merendam sejumlah barang dagang harian masyarakat di Pasar Cubadak tersebut.

“Karena memang masyarakat disini rata-rata berdagang makanan harian di kedai. Sementara batang sungai persis berada di belakang rumah warga. Jadi luapan banjir sudah langsung merendam semua isi rumah warga,“ katanya.

Pasar Cubadak itu kata dia sudah menjadi langganan banjir jika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur daerah setempat.

“Jika debit air sungai itu penuh langsung meluap ke pemukiman warga. Kami juga sudah meminta kepada masyarakat yang berada dipinggir sungai untuk tetap waspada agar tidak jatuh korban jiwa,“ tutupnya. Ia juga berharap air segera surut agar masyarakat bisa beraktifitas kembali. (mad)

Editor : arik

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...

Momen Idul Fitri, Kejari Pasaman Gelar Halal Bihalal dan Silaturahmi

PASAMAN, SMNNews.co.id - Momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah kali ini, Kejaksaan Negeri Pasaman gelar open house sembari jalin silaturahmi dengan seluruh komponen...

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Bahas Dua Agenda Penting

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (18/04/2024). Rapat Paripurna yang...