HomeBERITAPawai Kirab Budaya Peringati Hari Jadi Blitar ke-699 dan Bersih Desa Kendalrejo...

Pawai Kirab Budaya Peringati Hari Jadi Blitar ke-699 dan Bersih Desa Kendalrejo serta HUT RI ke-78

Pawai Kirab Budaya

BLITAR, SMNNews.co.id – Peringatan Bersih Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun Kabupaten Blitar begitu luar biasa, hampir seluruh masyarakat desa yang berada di lingkar kota Kecamatan Talun ini, tumpah ruah berpartisipasi dalam acara kirab budaya, Minggu (06/08/2023) siang.

Dalam kesempatan yang baik itu, di hadiri juga Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso yang memang di kenal sebagai Wakil Bupati yang sangat merakyat tersebut.

Kehadiran Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso didampingi Camat Talun R. Julison, Kepala Desa Kendalrejo Soepanan, Kapolsek dan Perwakilan dari Koramil Talun.

Selain itu, hadir pula anggota DPRD Kabupaten Blitar, BPD Desa Kendalrejo dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso secara langsung juga membuka pawai budaya yang menghipnotis ratusan masyarakat menyaksikan karnaval tersebut.

“Alhamdulillah, hari ini, kita semua masih mendapat berkah sehat, sehingga saya dan semuanya bisa hadir di tempat ini guna menyaksikan pawai budaya dengan iringan sound system yang meriah ini. Untuk itu anugerah sehat ini marilah kita syukuri dengan memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkap Wabup Blitar Rahmat Santoso.

Lebih lanjut Wabup Rahmat juga memberikan apresiasi dengan digelarnya Kirab Budaya Desa Kendalrejo ini.

Karena kegiatan ini wujud kecintaan masyarakat semua terhadap Blitar dan NKRI.

“Untuk itu saya menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan seluruh peserta. Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi kita semua. Dan kemeriahan ini, selain menghibur bisa mengungkit ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Blitar,” tuturnya.

Selebihnya Wabup yang dikenal akrab dengan rakyat khususnya ditingkat bawah ini juga menuturkan, sekitar dua tahun, seluruh kegiatan yang bersifat berkumpul dengan massa banyak tidak bisa dilakukan karena kita semua harus perang melawan covid-19.

“Dan Alhamdulillah, saat ini kita bisa melakukan kegiatan dengan banyak massa, tentunya dengan harapan kegiatan ini nantinya bisa lancar, tertib dan kedepan bisa dilaksanakan kembali dengan lebih inovatif dan meriah,” harap Wabup.

Menurutnya, karena memang saat ini, kita harus memaksakan diri untuk terus berbenah, agar situasi sulit pada masa pandemi segera pulih.

Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso menghadiri Pawai Budaya di Desa Kendalrejo

Selain itu, saya juga perlu mengingatkan khususnya bagi Kepala Desa dan seluruh jajarannya, agar memaksimalkan pelayanan.

“Ajak masyarakat musyawarah mulai dari perencanaan dan eksekusi kegiatan, mengingat program/kegiatan yang telah disusun dari masyarakat untuk masyarakat,” terangnya.

Wabup Rahmat juga berpesan, agar pengelolaan DD dan ADD tetap sesuai aturan dan sasaran. Benar-benar berdampak kepada masyarakat.

“Ingat bahwa jamannya sudah jauh bergeser bahkan melesat dengan kecanggihan teknologi yang sangat membantu. Jadi sekali lagi apa yang sudah diamanahkan dalam bentuk program/kegiatan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab tanpa melanggar hukum,” pesan Wabup Rahmat.

Ditempat yang sama, Kades kendalrejo Soepanan mengatakan, kita melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam kirab budaya.

“Dan Alhamdulillah kirab budaya ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar, dengan didukung semua elemen masyarakat, dari NU, Hindu, dan elemen masyarakat yang lain ditambah lagi disiang ini matahari tidak begitu terik, jadi cuaca cukup bersahabat,” ujarnya.

Kades Kendalrejo juga menambahkan, insyaallah ini nanti akan selesai jam 1 dini hari, karena dalam acara ini kirab budaya memang didahulukan dan nanti selepas sholat Magrib akan digelar kirab sound system, yang akan diikuti sekitar 24 kontingen.

“Dengan antusias warga masyarakat Kendalrejo yang begitu luar biasa dalam pawai ini, kami selaku pemerintah desa sangat mengucapakan terimakasih sebanyak-banyaknya. Karena apa? Karena kekompakan swadaya dan kegigihan masyarakat yang sudah bahu-membahu, sehingga gelaran kirab budaya ini semakin meriah. Sekali lagi terimakasih kepada seluruh masyarakat Kendalrejo dan semua panitia termasuk para perangkat desa dan BPD juga Muspika Kecamatan Talun dan khususnya Bapak Wabup Rahmat Santoso yang telah bersedia hadir dalam kirab budaya ini,” tandasnya.

Kades Soepanan juga mengatakan, agenda kirab budaya seperti ini memang kita laksanakan dua tahun sekali, kalau tahun ganjil bersih desa akan dilaksanakan oleh desa dan ditahun genap di laksanakan di tiap dusun masing-masing yang ada di Desa Kendalrejo ini.

“Tapi yang utama dalam acara bersih Desa Kendalrejo pasti menggelar Wayang Kulit, dan bersih desa tahun 2023 ini kita juga akan menggelar Wayang Kulit di tanggal 15 nanti dengan dalang Ki Eko Tondo Kristianto Dar Tulungagung dengan hiburan lawak Cak Yudho Cs,” jlentrehnya.

Sementara itu Camat Talun R. Juliso juga mengatakan, dengan kesadaran masyarakat dalam memeriahkan bersih desa dan menyambut HUT RI ini menunjukan, bahwa masyarakat desa Kendalrejo antusias dan begitu luar biasa dalam melestarikan budaya leluhur.

“Dan ini suatu kegiatan yang sangat bagus dalam nguri-uri atau melestarikan budaya leluhur dan dalam menjaga kearifan lokal. Dan dengan jumlah masyarakat yang begitu besar, yang ikut dalam pawai ini, menunjukkan kesadaran masyarakat Kendalrejo dalam kegiatan pawai budaya ini begitu luar biasa, dengan penuh rasa kegotong-royongan dan kondusifitas membaur dalam pawai kirab budaya ini,” pungkasnya. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Setubuhi Remaja Berkebutuhan Khusus, Pria 53 Tahun Ditangkap Polres Blitar Kota

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Polres Blitar Kota menangkap S (53) warga Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, ia menyetubuhi remaja berkebutuhan khusus berusia 19 tahun yang...

Kapolsek dan Personil Koramil 05 Rimba Melintang Kawal Pengantaran Kotak TPS ke KPUD Rokan Hilir

ROKAN HILIR, SMNNews.co.id - Lima unit mobil Colt Disel yang bermuatan kotak TPS Pemilu 2024 dari Sekretariat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) kecamatan Rimba Melintang...

PPK Rimba Melintang Resmi Tutup Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

ROKAN HILIR, SMNNews.co.id - Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil pemungutan suara pemilu 2024 kecamatan Rimba Melintang kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau telah selesai dan...