HomeBERITAPedagang Pasar Besar Ngawi Dipindahkan Mendadak Jelang Kedatangan Presiden

Pedagang Pasar Besar Ngawi Dipindahkan Mendadak Jelang Kedatangan Presiden

Peninjauan Bupati Ngawi, Ony Anwar, Selasa (14/12/2021), di kios sementara Pasar Besar Ngawi jelang rencana kunjungan presiden.

NGAWI, SMNNews.co.id – Para pedagang Pasar Besar Ngawi (PBN), yang menempati kios-kios sementara di Jl Sultan Agung, diminta pindah mendadak menjelang datangnya Presiden Joko Widodo. Presiden diirencanakan berkunjung ke Ngawi Jumat mendatang (17/12/2021).

“Pemberitahuannya hanya sejak beberapa hari ini, diminta pindah ke kios baru di dalam pasar. Padahal kios baru itu sendiri belum sempurna,” ungkap seorang pedagang.

Pedagang lain, Suparno, mengaku lebih memilih untuk libur berjualan semingu atau dua minggu sampai kios yang dibangun di dalam PBN benar-benar representatif untuk ditempati.

“Saya ini dagang baju, jangan sampai dagangan jadi kehujanan karena kiosnya belum tertutup dengan baik. Lebih baik saya libur jualan dulu,” ujarnya.

Ploting tempat untuk pedagang sudah dilakukan Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPPTK) Kabupaten Ngawi. Namun, sejumlah pedagang masih belum puas atas hasilnya.

Kepala DPPTK Ngawi, Yusuf Rosyadi mengatakan, di PBN hasil renovasi yang dibangun Kementerian PUPR itu, kiosnya dipastikan akan mencukupi untuk menampung pedagang.

“Dulu jumlah lapak ada 1.098, ini kan malah lebih. Nantinya diploting sesuai zonasi. Pedagang akan dikelompokkan berdasar jualannya. Sayuran dengan sayuran misalnya,” ungkap Yusuf Rosyadi.

Target pembersihan kios sementara di Jl.Sultan Agung itu sendiri ditargetkan selesai Rabu (15/12/2021) dan sore harinya pedagang mulai ditempatkan.

“Kios di jalan Sultan Agung yang akan dilalui Bapak Presiden akan kita bersihkan, setelah itu pedagang direlokasi dan rencananya Rabu sore,” ungkap Yusuf.

PBN sendiri dilaksanakan pembangunannya oleh PP Urban. Semula dijadwalkan Nopember sudah usai namun pihak pelaksana meminta perpanjangan sampai bulan Desember 2021.

Saat ini, jelang kunjungan Presiden Joko Widodo, pembangunan PBN diklaim selesai 97 persen. Namun, Yusuf Rosyadi menceritakan, pengamatan terakhir untuk bagian yang belum selesai masih ada beberapa titik, seperti taman, baua depan sampai rolling door.

“Setelah kunjungan Presiden nanti, dipasang rolling door dan kita harap operasional pasar bisa berjalan lagi pasca kunjungan ini,” ungkap Yusuf Rosyadi.

Sebelumnya, demi pembangunan PBN itu, pedagang dipindahkan ke tiga ruas jalan yakni Jl Sultan Agung, Jl. Mangkubumi dan Jl.Untung Suropati.

Pembongkaran kios sementara untuk Jl. Sultan Agung dikebut hingga malam, karena jadi jalur yang dilalui presiden. Pengawalan dilakukan petugas Satpol PP dan Polres Ngawi untuk pembongkaran itu.

“Kami mengamankan saja, pemindahan pedagang dan pembongkaran pasar sementara di Jl. Sultan Agung itu dilakukan oleh OPD terkait di Pemkab,” tegas Kapolres Ngawi, AKBP I Wayan Winaya, saat bertemu wartawan.

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, meminta agar rehab PBN Ngawi yang dilaksanakan pemerinta pusat itu, menjadi momentum pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Ini juga menunjukkan bahwa pasar tradisional masih memiliki peran penting dalam mendorong pemulihan ekonomi itu,” tandas Ony Anwar. ***

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Gelar Halal Bihalal, Perumda Tirta Kanjuruhan Kumpulkan Kajaran Karyawan dan Direksi

MALANG, SMNNews.co.id - Perusahaan Daerah Air Minum (Perumda) Tirta Kanjuruhan menggelar acara Halal Bihalal dan pembinaan pegawai bersama Dewan Pengawas. Kegiatan ini berlangsung selama 2...

Polres Malang Bongkar Pabrik Narkoba Rumahan Terbesar di Jatim

MALANG, SMNNews.co.id - Aparat Kepolisian Resor Malang, Polda Jatim, berhasil mengungkap praktik produksi narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Pabrik narkoba...

Knalpot Brong Resahkan Warga Desa Pandan, Personel Gabungan Satlantas Polres Pamekasan Gelar Penertiban

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Personil Gabungan Satlantas Polres Pamekasan dan Polsek Galis melakukan Penertiban pelanggaran Knalpol tidak standar atau Knalpot Brong dan pelanggaran kasat mata...