HomeBERITAPediophobia, Ketakutan Terhadap Boneka

Pediophobia, Ketakutan Terhadap Boneka

Boneka yang menyerupai manusia asli. (Sumber: Google)

SMNNews.co.id – Saat ini sedang marak para selebritis “mengadopsi” boneka arwah atau biasa disebut Spirit doll. Meskipun terlihat menggemaskan, namun ada beberapa orang yang justru takut pada boneka, sekalipun itu bukan boneka arwah.

Ketakutan inilah yang disebut pediophobia. Pediophobia diyakini sebagai jenis automatonophobia, atau ketakutan akan sosok humanoid. Beberapa orang takut pada semua boneka dan mainan boneka, sementara yang lain hanya takut pada jenis tertentu.

Masyarakat cenderung meyakini bahwa anak perempuan harus bermain boneka sehingga membuat anak dipaksa untuk memiliki atau bermain dengan boneka. Padahal pada kenyataannya, tidak semua anak perempuan menyukai boneka, atau bahkan mereka sendiri takut terhadap boneka.

Pediophobia juga seperti kebanyakan fobia pada umumnya, yaitu dapat didiagnosis pada anak-anak jika telah berlangsung selama lebih dari enam bulan. Mengutip Very Well Mind, ketakutan ini telah banyak dieksploitasi dalam pengaturan budaya pop, mulai dari film hingga acara Halloween.

Dalam sebagian besar kejadian ini, premisnya adalah bahwa boneka yang tampaknya tidak berbahaya telah menjadi makhluk hidup yang bertekad untuk menghancurkan. Film-film ini menyentuh ketakutan utama yang mungkin menjadi salah satu akar dari pediofobia; ketakutan akan pembunuh diam-diam. (cnn/ty)

BERITA TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA