HomeBERITAPeduli Kesehatan Hewan, Babinsa Talun Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak di Wilayah Binaannya

Peduli Kesehatan Hewan, Babinsa Talun Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak di Wilayah Binaannya

Babinsa Talun Serda Supriyanto saat mendampingi penyuntikan vaksin ke hewan warga

BLITAR, SMNNews.co.id –  Pemerintah tengah gencar mencegah adanya penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), pada hewan ternak yang tersebar di berbagai daerah.

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah atau genap seperti halnya hewan ternak sapi, kambing dan lainnya.

Untuk mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah binaan, Babinsa Koramil Tipe B 0808/16 Talun Kodim 0808/Blitar Serda Supriyanto melaksanakan kegiatan pendampingan vaksinasi hewan ternak oleh Petugas Keswan dari Dinas Peternakan Kab.Blitar, bertempat di Kelurahan Kamulan, Kec. Talun, Kab. Blitar, Kamis (1/9/2022).

Serda Supriyanto menjelaskan, bahwa penyakit ini sangat berbahaya dan mudah sekali menular melalui kontak langsung antara hewan yang tertular, dengan hewan yang rentan penyakit melalui leleran lendir hidung dan serpihan kulit.

Baca Juga : Kompak! Babinsa Gandusari dan Warga Masyarakat Gelar Kerja Bakti Rehab Mushola

Ia berharap, kepada warga masyarakat yang memiliki hewan ternak, agar rutin untuk membersihkan lingkungan kandangnya dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK segera dilaporkan ke dinas terkait, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan ternak yang lainnya,” ujar Babinsa Talun Serda Supriyanto.

Lanjut Serda Supriyanto mengatakan, bahwa pencegahan penularan PMK ini dapat dilakukan dengan cara membersihkan kandang, peralatan, kendaraan dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK dengan deterjen atau disinfektan.

Karena pandemi Covid 19 masih belum berakhir, Serda Supriyanto tidak lupa juga menghimbau kepada warga masyarakat agar tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan 5M dan menerapkannya pada kehidupan sehari hari,” tegasnya (Dim0808). (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...