HomeJAWA TIMURTULUNGAGUNGPeingatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019

Peingatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019

Plt Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Forkopimda menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019.

Tulungagung, SMN – Plt Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM bersama Forkopimda menghadiri peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019. Kegiatan ini dipusatkan di Bantaran kali Ngrowo(depan Cafe Ungu), Kamis (21/2/2019).

Acara di awali oleh ratusan orang membersihkan kawasan kali Ngrowo, Kecamatan Tulungagung, Mereka berasal dari sejumlah kalangan. Dari mulai TNI, Polri, komunitas, perusahaan, Pemda, dan lainnya.

Kegiatan bertema kelola sampah untuk hidup bersih sehat dan bernilai itu diprakarsai oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung . Acara tersebut untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si., dalam laporanya menjelaskan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 melibatkan unsur pemerintah maupun kelompok masyarakat dan dunia usaha dengan jumlah peserta sebanyak 1.100 orang terdiri dari, Forkopimda, SKPD Se-Kabupaten Tulungagung, Tim Penggerak PKK, darma wanita dan dunia usaha.

Lebih lanjut Sukaji menerangkan tujuan diadakan perngatan ini, untuk menggandeng masyarakat dan dunia usaha yang ada di Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan peran aktif dan kesadaran masyarakat tekait pengelolaan sampah.

Plt Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM dalam sambutanya mengatakan, permasalahan sampah ternyata tidak hanya berdampak di Wilayah perkotaan saja tetapi telah menjadi lebih kompleks dan meluas terutama terkait isu pencemaran sampah di laut. Isu pencemaran sampah di laut ini mulai menjadi perhatian publik dan pemerintah lndonesia terutama sejak dipublikasikannya hasil penelitian yang berjudul “Plastic waste input from land Into the ocean’ pada tahun 2015 yang menyatakan potensi sampah plastik yang ada di lautan lndonesia mencapai 187.2 juta ton/tahun.

Kondisi tersebut bukanlah sesuatu yang kita inginkan bahkan menjadi keprihatinan kita bersama. “saya ingin mengajak kepada saudara semua. Seluruh masyarakat Tulungagung untuk bergerak mulai dari desa sampai kota, dari gunung hingga samudra kita bersihkan sampah bersama-sama”, Ajak Maryoto.

Kegiatan (hms/adv/ed)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Pasca Pelaksanaan Operasi Ketupat, Polresta Cirebon Gelar Halal Bihalal

CIREBON, SMNNews.co.id - Pasca pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2024 pengamanan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Polresta Cirebon menggelar acara Halal Bihalal di...

Wali Kota Pasuruan Resmikan Gedung PLUT-KUMKM

PASURUAN, SMNNews.co.id - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, meresmikan gedung PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Kota Pasuruan, pada Rabu (17/4/24) pagi. Peresmian tersebut dihadiri oleh...

Sebagai Momentum Kebersamaan, Polres Blitar Gelar Halal Bihalal

BLITAR, SMNNews.co.id - Setelah melaksanakan apel pagi, Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria menggelar kegiatan Halal Bihalal atau Silahturahmi dengan personil Polres Blitar yang berlangsung...