HomeBERITAPemdes Plumbangan Gelar Acara Sosialisasi Pengesahan Buku Sejarah Desa dan Peringati Hari...

Pemdes Plumbangan Gelar Acara Sosialisasi Pengesahan Buku Sejarah Desa dan Peringati Hari Jadi ke-903

Pemdes Plumbangan gelar wayang kulit di peringatan hari jadi desa yang ke-903

BLITAR, SMNNews.co.id – Pemdes Plumbangan mengelar acara Sosialisasi Pengesahan Buku Sejarah Desa dan memperingati hari jadi Desa Plumbangan yang ke 903, dengan hiburan wayang kulit semalam suntuk, Rabu (02/08/2023) malam di depan Kantor Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.

Hadir dalam acara tersebut, Dinas PMD, Dinas Perpustakaan, Camat Doko Sekcam Doko, Bhabinkamtibmas Desa Plumbangan, Babinsa Desa Plumbangan, Kades se-Kecamatan Doko, BPD Desa Plumbangan, Tokoh masyarakat Desa Plumbangan,ketua lembaga adat Desa Plumbangan, kelompok pokdarwis Desa Plumbangan, RT dan RW se-Desa Plumbangan.

Kepala Desa Plumbangan Supingi, dalam sambutanya mengatakan, dengan ini kami menjelaskan kegiatan malam ini adalah sosialisasi Pengesahan buku sejarah Desa Plumbangan dan memutuskan bahwa setiap tangga 2 Agustus kita canangkan sebagai hari jadi Desa Plumbangan dan sekarang ini Hari Jadi Desa Plumbangan yang ke 903.

“Karena di Desa kami ini terbagi ada 4 Dusun dan masing masing Dusun Ada wisata serta seni budayanya, juga ada candi watu Lawang peninggalan kerajaan Majapahit, sudah sepantasnya Desa Plumbangan ini menjadi Desa wisata dan seni Budaya,” kata Supingi.

Lanjut Supingi, kami sangat berterima kasih kepada perangkat Desa dan warga masyarakat Desa Plumbangan, karena sudah membantu ikut bergotong royong sehingga para pecinta seni dan budaya mau mendukung rencana membentuk lembaga adat Desa, setelah sekian lama kami semu berupaya, dan bisa di Perdeskan lalu masuk di ApeBeDes Desa sehingga bisa di Danai dengan anggaran Desa.

“Maka dengan hari jadi Desa Plumbangan ini, kami mengelar acara wayang kulit semalam suntuk, dengan Dalang dari Tulungagung, yang beliaunya juga disana menjadi Kepala Desa, juga paham dengan lembaga adat Desa,” imbuhnya.

Penyerahkan buku sejarah Desa oleh Kepala Desa Plumbangan Supingi

Dan nantinya buku sejarah Desa Plumbangan ini kami serahkan ke Bupati Blitar, Dinas PMD, Dinas Perpustakaan, Dinas Pariwisata dan Budaya dan Camat, agar bisa di baca sebagai cerita Desa.

“Harapan, kedepannya agar anak cucu kita nanti bisa tau kalau setiap tanggal 2 Agustus harus kita adakan kegiatan Hari Jadi Desa Plumbangan, karena Desa Plumbangan ini sudah berumur 903 tahun, dan setiap tahun harus dilaksanakan kegiatan seperti ini, semoga warga masyarakat Desa Plumbangan Sehat dan sejahtera,” pungkas Kades Plumbangan Supingi.

Bupati Blitar yang diwakili Kepala Dinas PMD Rully dalam sambutanya menyampaikan, kami sangat mengapresiasi kepada pemerintah Desa Plumbangan dan warga masyarakat Desa Plumbangan, karena dengan kekompakan serta kerukunan ya akhirnya bisa menciptakan buku sejarah Desa dan lembaga adat Desa.

“Dan kami akan selalu menyuruh dinas terkait agar selalu memberikan pendampingan,agar apa yang ingin diinginkan Desa Plumbangan ini bisa terwujud, di sini ada wisata candi dan seni Budaya di setiap Dusun, ini sudah membuktikan bahwa warga masyarakat Desa Plumbangan ini melestarikan peninggalan nenek moyang atau para leluhur Desa Plumbangan ini,” tutur Rully.

“Harapan kedepannya, semoga setelah di adakan acara buku sejarah Desa dan Hari Jadi Desa Plumbangan ini , warga masyarakat semakin sejahtera dan Desanya semakin maju bisa di kenal di tingkat nasional,” ungkapnya. (bon)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Warga Perumahan Tanjung Sari Regency Kota Blitar Laksanakan Kurban Sapi dan Kambing di Masjid Miftahul Huda

KOTA BLITAR, SMNNews.co.id - Pada hari raya Idul Adha tahun 2024, warga Perumahan Tanjung Sari Regency, Kota Blitar, melaksanakan kegiatan korban dengan menyumbangkan hewan...

Agus Sriyanto Mundur dari Komisoner, KPU Ngawi Tunggu Pengganti

NGAWI, SMNNews.co.id - Hanya hitungan hari usai dilantik, Agus Sriyanto anggota Komisioner KPU Ngawi mundur. Sebelumnya, dia disoroti karena melanggar syarat pendaftaran yang menyebut...

Hari Raya Idul Adha, Pemkab Blitar Bagikan 11 Ekor Sapi Kurban ke 6 Kecamatan

BLITAR, SMNNews.co.id - Memperingati hari raya Idhul Adha 1445 h 2024 masehi Pemkab Blitar membagikan 11 ekor sapi ke 4 kecamatan, dari 11 ekor...