HomeBERITAPemdes Tapakrejo Gunakan Dana DD Tahun 2022 untuk Pembangunan Irigasi Pertanian

Pemdes Tapakrejo Gunakan Dana DD Tahun 2022 untuk Pembangunan Irigasi Pertanian

Kepala Desa Tapakrejo Erwin Dwi Wahyudi S.Pd

BLITAR, SMNNews.co.id – Desa Tapakrejo Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, dibawah kepemipinan Pak Kades Erwin Dwi Wahyudi S.pd, sangat luar biasa. Dengan kemajemukan masyarakat Desa Tapakrejo yang begitu santun dan kegotong royonganya terjaga dengan baik, saat ditemui awak media di kantor Desa Tapakrejo, Kamis (28/07/2022).

Erwin Dwi Wahyudi S.pd mengatakan, Desa Tapakrejo ini yang berpenduduk 3700 jiwa dan terbagi menjadi 3 dusun, karena letak desa kami itu luas berbukit, maka dengan perwakilan 3 Kasun kita akan memudahkan untuk menjalankan pemerintahan Desa Tapakrejo ini.

“Dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat Desa Tapakrejo dalam bidang pertanian tentunya harus ada faktor penunjang yang memadai, salah satunya pembangunan akses saluran irigasi. Pemdes Desa Tapakrejo melalui TPK Desa Tapakrejo membangun saluran irigasi untuk pertanian yang dapat mengaliri langsung ke lahan pertanian,” jelas Erwin.

Baca Juga : Terkait Sengketa Karangnongko, Warga Karangnongko Temui Wakil Bupati Blitar

Sehingga memudahkan para petani dalam mengolah persawahan dengan dibangunya irigasi pertanian, supaya sawah yang yang kekurangan air cepat tercukupi. Dalam hal ini pemerintah Desa Tapakrejo kecamatan Kesamben kabupaten Blitar provinsi jawa Timur menyambut baik dengan adanya Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022, amanat dari Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 Pasal 5 huruf (b) program ketahanan pangan dan hewani dua puluh persen (20%).

TPK Desa Tapakrejo sedang mengerjakan saluran irigasi

Dari Dana Desa, hasil musyawarah desa yang dilaksanakan oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dana Pemerintah Desa Tapakrejo bersepakat untuk Anggaran dua puluh persen dari Dana Desa digunakan untuk Pembangunan Irigasi pertanian, dengan tujuan membantu para petani dalam menunjang percepatan perekonomian masyarakat pasca pandemi yang sudah terlalu menguras energi seluruh elemen bangsa selama dua tahun lebih ini,” tuturnya.

Dan pembangunan irigasi yang dikerjakan oleh TPK Desa Tapakrejo tersebut berlokasi di Dusun Sumbermanggku RT 01 – RW 01 Desa Tapakrejo, karena dilokasi itu untuk saluran irigasinya sangat dibutuhkan, supaya petani bisa membajak sawahnya sebab ini sebentar lagi sudah mulai musim tanam padi.

Baca Juga : Wabup Blitar Rahmat Santoso Memberi Santunan Kepada Peserta Khitanan Massal di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi

“Semoga dengan dibangunya saluran irigasi di Dusun Sumbermanggku akan bisa membantu dengan program pemerintah pusat ketahanan pangan sampai kepelosok Desa , dan di Desa Tapakrejo menjadi contoh Desa lain yang ada di Kecamatan Kesamben ini,” pungkas Kades Erwin Dwi Wahyudi S.pd. (bonaji)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...