HomeJAWA TENGAHBATANGPemdes Tegalombo Manfaatkan Potensi Alam, untuk Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Pemdes Tegalombo Manfaatkan Potensi Alam, untuk Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Kepala Desa Tegalombo, Basari Kecamatan Tersono-Batang, Kamis (12/11/2020).

BATANG, SMNNews.co.id – Tegalombo sebuah desa di kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Desa Tegalombo letaknya paling timur di wilayah Kecamatan Tersono. Desa ini terdiri dari tiga dusun, yaitu Dusun Tegalombo, Dusun Pandansari, dan Dusun Ceto Sari/Dusun Catak.

Kepala Desa Tegalombo, Basari menceritakan, asal mula nama Tegalombo diambil dari kata TEGALAN yang berarti ladang dan juga OMBO yang berarti luas, yang digabungkan menjadi TEGALOMBO yang berarti ladang yang luas, Kamis (12/11/2020).

 Yang sangat strategis, karena di sekelilingnya desa adalah hutan jati (alas jati). Di desa ini terdapat kekayaan alam berupa pohon jati, dan desa tersebut memiliki sumber air yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai jenis buah banyak sekali di desa ini, terutama durian, jengkol, nangka, kopi yang hampir setiap tahun membanjiri Tegalombo. Orang-orang Desa Tegalombo sangatlah ramah tamah, di desa ini banyak orang merantau keberbagai daerah maupun luar negeri. Tetapi pada umumnya sebagian bercocok tanam di ladang maupun di hutan jati (Baon), imbuhnya.

“Potensi desa ini aktif sebagai penghasil durian, jengkol, nangka dan kopi setiap tahunnya yang berasal dari kawasan hutan jati yang membentang seluas 15 hektar,” ungkapnya.

Serta wilayah ini memiliki sungai dan sumber mata air Curug Kreo namun masih jarang dikunjungi orang, untuk sampai di tempat ini dibutuhkan waktu 10 menit berjalan kaki dari perumahan warga di Dusun Pandan Sari. Selain itu desa ini memiliki sebuah goa yang dinamai Goa Pakis yang berada di sebelah utara dari Dusun Ceto Sari.

“Potensi wisata Alam yang sudah ada di Curug Kreo, untuk program yang terbaru kita potensikan Goa Pasolatan/Pakes menjadi potensi wisata desa,” imbuh kepala desa kepada awak media.

“Potensi Alam ini akan kita manfaatkan untuk Desa Wisata, melalui Anggaran BUMDes, dan pastinya mengurangi angka pengangguran warga bisa berjualan demi mencukupi kebutuhan keluarga.” terangnya.

Di masa Pandemi Covid-19 ini memang ekonomi keluarga menurun, sangat besar sekali dampaknya.

Mengharap kepada Semua Elemen masyarakat bisa mendukung penuh di RKPDes program yang dianggarkan tahun depan yaitu 2021, serta warga diharapkan Patuhi Protokoler Kesehatan, gunakan Masker dan Jaga jarak untuk Cegah penularan Covid-19, imbuhnya. (S11)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Polsek Doko Laksanakan Giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan

BLITAR, SMNNews.co.id - Polsek Doko melaksanakan giat Jumat Curhat di Masjid Baitun Nuur Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Jumat (19/04/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Binmas...

Kapolsek Larangan dan Anggota Datangi TKP Dugaan Seseorang Bunuh Diri

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Kapolsek Larangan Iptu Kadarisman, bersama anggotanya mendatangi TKP dugaan seseorang bunuh diri di Dsn. Kendal Ds. Blumbungan Kec. Larangan Kab. Pamekasan,...

Pandangan Umum Fraksi DPRD Kabupaten Blitar Tanggapi 3 Ranperda Usulan Bupati Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Blitar menanggapi 3 (tiga) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) usulan Bupati. Tanggapan itu dikemas dalam Rapat Paripurna dengan agenda...