HomeBERITAPemilu dan Pilkada Serentak di 2024, KPU Ngawi Mulai Siapkan Diri

Pemilu dan Pilkada Serentak di 2024, KPU Ngawi Mulai Siapkan Diri

FGD yang diselenggarakan KPU Ngawi bersama puluhan wartawan, Sabtu (20/3/2021).

NGAWI, SMNNews.co.id – KPU Ngawi langsung pasang kuda-kuda setelah pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah (pilkada) akan dilakukan setentak pada tahun 2024.

Rangkaian diskusi dilakukan KPU bersama berbagai stake holder, termasuk dengan wartawan dan pelaku media, Sabtu malam (20/3/2021).

“Bahkan untuk Pilkada sudah jelas dilakukan serentak pada November 2024, meskipun untuk pemilihan legislatif dan presiden belum ditentukan bulannya,” ujar Aman Ridho Hidayat, Komisioner Divisi Teknis di KPU Ngawi.

Ridho, sapaan akrabnya, menyatakan bahwa perkembangan ihwal pemilihan umum dan pilkada itu, memaksa KPU untuk menyesuaikan diri.

Apalagi, masa kerja komisioner KPU juga akan berakhir pada Juni 2024. KPU dan Ridho sendiri dipastikan tidak bisa ada di KPU Ngawi lagi karena sudah dua kali menjabat komisioner.

“Akan kompleks dan banyak proses yang mungkin beririsan dengan tahapan lain. KPU berusaha menghitung persiapan sejak dini, 30 bulan sebelumnya. Jadi di Juli-Agustus 2021 ini sudah mulai merencanakan tahapan yang mungkin bisa dikerjakan,” ungkap Ridho.

Potensi terjadinya kontroversi dan konflik, akibat rencana penyelenggaraan semua pemilihan serentak pada 2024 itu, juga disadari KPU Ngawi.

Apalagi, bila Pilkada dilakukan pada November 2024, maka akan dapat membuat kepala daerah hasil Pilkada 2020 lalu, hanya bekerja sekitar tiga tahun saja. (ari)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...