HomeJAWA TIMURBLITARPemkab Blitar Tampilkan Produk Unggulan di Apkasi Otonomi Expo 2019

Pemkab Blitar Tampilkan Produk Unggulan di Apkasi Otonomi Expo 2019

Bupati Rijanto (tengah) memamerkan produk unggulan khas Blitar dalam acara Apkasi Otonomi Expo di Jakarta.

Blitar, suaramedianasional.co.id –Pemerintah Kabupaten Blitar Mengikuti AEO (Apkasi Otonomi Expo) 2019 di Jakarta di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (3/7). Acara pameran ini berlangsung selama tiga hari (3-5 Juli 2019).

Acara yang dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal TNI Dr. H. Wiranto, S.H., S.I.P. dihadiri 416 Kabupaten di seluruh Indonesia. Sementara itu Kabupaten Blitar dihadiri langsung oleh Bupati Blitar bersama rombongan dan dinas terkait.

Dalam pemeran tersebut, Kabupaten Blitar menampilkan produk-produk unggulan berupa Koi, telur, batik Blitar, belimbing, cokelat, batu kaolin, cabe dan kopi. Selain itu juga menghadirkan nasi pecel asli Blitar di saat pameran.

Koordinator Pelaksanaan Kegiatan Apkasi di JCC dari Kabupaten Blitar, yang juga menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Blitar, Dra. Tuti Komaryati, MM mengatakan bahwa AEO (Apkasi Otonomi Expo) 2019 ini merupakan pameran yang sangat strategis bagi daerah-daerah, karena antar daerah, antara kabupaten bertemu, dan di sini dimungkinkan ada kerja sama apapun bentuknya bisa dilakukan.

Lanjut Tuti Komaryati mengatakan, Adapun potensi yang dipamerkan, antara lain dibidang perikanan seperti ikan koi, dibidang pertanian, produk-produk pertanian, makanan olahan, kemudian dibidang peternakan ada telor. Disamping itu juga ada batik Blitar, dibidang pariwisata kita mengeluarkan Putri Otonomi yang nantinya ikut ajang kompetisi untuk mempertaruhkan potensi wisata di Kabupaten Blitar.

“APKASI” yakni Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia, jadi disini tempat berkumpulnya pemerintah kabupaten seluruh Indonesia, dan salah satu kegiatan rutin setiap tahunnya yakni pameran ini,” ungkap Tuti Komaryati saat dihubungi via telephone, Jumat (05/07/2019).

Pada pameran tersebut, juga diadakan pertemuan dan diskusi antara pemerintah daerah dengan pengusaha-pengusaha atau calon investor yang mungkin tertarik dengan potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

“Kita ikuti diskusi tersebut, dan ternyata banyak yang menanyakan tentang coklat yang kita pamerkan, nanti untuk tindak lanjutnya kita melihat kedepannya, kalau memang ada kerjasama ya kita lakukan,” tutupnya. (hms/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...