HomeBERITAPemkab Lombok Barat Jajaki Peluang Kerjasama Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin

Pemkab Lombok Barat Jajaki Peluang Kerjasama Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin

Pemkab Lombok Barat jajaki peluang kerjasama Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin

LOMBOK BARAT, SMNNews.co.id – Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menjadi daerah yang diminati oleh para investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi. Hal ini terlihat dari kunjungan Perusahaan Teknologi Hijau ternama didunia yaitu PT. Envision Green Energy Indonesia yang memiliki rencana untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Lobar.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid yang diwakilkan oleh Asisten III Setda Lombok Barat M. Hendrayadi bersama sejumlah kepala OPD menerima kunjungan dari PT. Envision di Ruang Rapat Jayengrana Kantor Bupati Lobar, Rabu, 13 September 2023. Rombongan berjumlah sekitar 2 orang ini datang ke Lobar bertujuan untuk melakukan ekspose terkait rencana Kerjasama Investasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB) di Lobar.

Asisten III Setda Lombok Barat M. Hendrayadi dalam sambutannya menyampaikan, bahwa PLTB atau Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin menjadi hal baru atau nuansa baru di Kabupaten Lombok Barat. Hal ini karena di Lobar saat ini yang ada adalah PLTU Jeranjang yang dikelola oleh BUMN. Ia mengatakan bahwa PLTB ini akan menambah pasokan listrik di Lombok Barat khususnya di kawasan wisata Sekotong Lombok Barat.

“Tentu dengan adanya tambahan pasokan listrik akan membuka peluang investasi yang lebih besar di Lobar khususnya di kawasan wisata Sekotong,” ujarnya

Lebih lanjut ia mengatakan,, bahwa hal yang disampaikan oleh perwakilan PT Envision terkait dengan PLTB akan dibahas lebih lanjut dengan pimpinan dan berbagai pihak. Ia juga meminta kepada PT. Envision untuk melakukan sosialisasi terkait dampak dan manfaat dari PLTB yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat memiliki pemahaman tengang PLTB sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Semetara itu dari pihak PT. Envision Green Energy Indonesia, Ricky dalam paparannya menyampaikan Envision Group adalah perusahaan yang telah berpengalaman membangun PLTB dan membangun kawasan industri nol karbon di sejumlah negara, seperti, Tiongkok, Paris dan Singapura dan beberapa negara lainnya. Ia mengatakan adanya PLTB ini ada beberapa manfaat yang akan diperoleh masyarakat Lobar nantinya. Manfaat tersebut antara lain peningkatan ekonomi masyarakat karena memperoleh pasokan energi yang memadai. Manfaat lainnya juga Pemkab Lobar akan memperoleh pendapatan dari PPN dan PPH yang akan rutin dibayarkan setiap tahunnya.

“PLTB ini full menggunakan tenaga angin dan tenaga surya dan tidak menggunakan tenaga fosil,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, jika tendernya lolos dan izin disetujui maka untuk tahap pertama, pihaknya akan membangun metmast atau menara pengukur angin untuk mengukur angin minimal selama setahun.

“Dari survei yang telah kami lakukan bahwa lokus yang baik untuk membangun metmast atau menara pengukur angin itu berada di wilayah Sekotong tepatnya di Desa Kedaro, turbin yang dibutuhkan tidak terlalu luas sekitar 120m, tinggi 140m, dan dapat dipastikan tidak menganggu aktifitas warga bercocok tanam di titik lokasi menara serta jenis bangunan bersifat sementara dan tidak permanen,” imbuhnya. (ramli)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Tabligh Akbar

ASAHAN, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Asahan gelar Tabligh Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Asahan ke-78 Tahun 2024 bertempat di Mesjid Agung Achmad Bakrie...

Momen Idul Fitri, Kejari Pasaman Gelar Halal Bihalal dan Silaturahmi

PASAMAN, SMNNews.co.id - Momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah kali ini, Kejaksaan Negeri Pasaman gelar open house sembari jalin silaturahmi dengan seluruh komponen...

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Bahas Dua Agenda Penting

BLITAR, SMNNews.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna, bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (18/04/2024). Rapat Paripurna yang...