HomeJAWA TIMURPROBOLINGGOPemkab Probolinggo Gelar Tasyakuran HUT Kota Kraksaan

Pemkab Probolinggo Gelar Tasyakuran HUT Kota Kraksaan

Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari didampingi suami Hasan Aminuddin , dalam acara Tasyakuran.

Probolinggo , suaramedianasional.co.id -Pemkab Probolinggo melaksanakan Tasyakuran/Selametan Hari Jadi Ke-9 Kota Kraksaan sebagai Ibukota Kabupaten Probolinggo, Senin (07/01)pagi, di aula Pesantren Hati Toroyan, Rangkang.

Untuk menandai acara tersebut Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE melakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Drs H Hasan Aminuddin M.Si selaku anggota DPR RI Komisi 8, dan juga kepada H Djarot selaku keturunan ke – 6 dari Kyai Ronggo.

Acara ini juga terangkai bersama tasyakuran Capaian 100 Hari Kerja Bupati/ Wabup Probolinggo, Selamatan Keberangkatan Umroh, Penghargaan Kepada Ibu Kajari Kabupaten Probolinggo Hj Nada Lubis, serta peringatan hari kelahiran ke – 54 H. Hasan Aminuddin.

Hadir pula dalam tasyakuran tersebut Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko, bersama beberapa perwakilan Forkopimda Probolinggo dan Sekda Probolinggo H Soeparwiyono, Ketua MUI Kabupaten Probolinggo KH. Munir Kholili, serta sejumlah pengurus jam’iyah NU dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Dalam sambutannya Hasan Aminuddin mengemukakan, sosok KH. Abdul Jalal (Kyai Ronggo) adalah manusia yang telah banyak berjasa khususnya bagi keberadaan kota Kraksaan. Begitu banyak aset yang telah di infaqkan untuk kepentingan agama dan negara, diantaranya adalah lahan tanah untuk masjid Agung Arraudlah, Kantor Bupati Probolinggo dan Kantor Kejaksaan Negeri Kraksaan.

“Selain orang tua kita, siapapun yang telah berjasa kepada kita sudah sepatutnya untuk kita hargai, alhamdulillah ziarah makam Kyai Ronggo adalah salah satu yang paling sederhana yang bisa kita lakukan,” ungkap Hasan Aminuddin.

Lebih lanjut Hasan Aminuddin menegaskan, menjadikan Kota Kraksaan sebagai Ibukota Kabupaten Probolinggo adalah salah satu ikhtiar Pemkab Probolinggo untuk mengembalikan asal muasal sejarah. Dimana ratusan tahun yg lalu sebelum bangsa Indonesia merdeka, di beberapa daerah di Jawa Timur pada masa kerajaan Majapahit terdapat Kepatihan (Pemerintahan kecil), diantaranya adalah Pasuruan, Kraksaan, dan Besuki.

“Oleh sebab itu mohon doa barokahnya kepada seluruh yg hadir khususnya para habaib dan Alim Ulama agar Kota Kraksaan bisa menjadi sebuah Ibukota yang mampu menghantar generasi penerus yang berkualitas dan berakhlakul karimah,” tandasnya.

Ditempat  terpisah, senada dengan hal tersebut Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE mengutarakan selama 9 tahun perjalanan Kota Kraksaan patut untuk disyukuri bersama.Berubahnya Kraksaan menjadi ibukota Kabupaten Probolinggo disebutnya sebagai berkah tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo khususnya warga Kota Kraksaan.

“Mari bersama – sama membangun Kota Kraksaan dan Kabupaten Probolinggo semoga dalam perjalanan kedepan Kota Kraksaan dan Kabupaten Probolinggo dijauhkan dari segala musibah dan menjadi daerah yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” pungkasnya. (edy)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...