HomeBERITAPemkab Trenggalek Serta Paguyuban Keris Dorong Pemerintah Segera Tetapkan Hari Keris Nasional

Pemkab Trenggalek Serta Paguyuban Keris Dorong Pemerintah Segera Tetapkan Hari Keris Nasional

Penutupan pameran keris di Trenggalek yang sukses digelar selama tiga hari

Trenggalek, SMNNews.co.id – Pameran keris nasional dan krida budaya yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Trenggalek melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selama tiga hari suskses digelar. Pameran tersebut diikuti puluhan paguyuban seluruh nusantara bertempat di pendopo manggala praja nugraha Trenggalek. 

Selain kegiatan seminar, bursa serta pameran keris kegiatan kali ini juga fokus kearah edukasi. Seperti dilaksanakanannya mewarnai keris untuk peserta dari siswa siswi PAUD, TK dan SD serta diklat khusus kepada ratusan pelajar tingkat SMP dan SMA.

Dengan adanya edukasi kali ini, pemerintah terkait ingin melestarikan, menjaga serta memperkenalkan budaya nusantara ini kepada para kaum milenial. 

Dengan mengenalkan keris secara ilmiah kepada kaum milenial tentang apa itu keris serta bagaimana proses pembuatan keris diharapkan para kaum milenial ikut menjaga dan melestarikan warisan budaya nusantara tersebut.

Surjono sekertaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini berlangsung tiga hari, fokus pameran keris nasional kali ini memang ke arah edukasi. 
Seperti pelaksanaan mewarnai keris untuk anak PAUD, TK dan SD serta diklat khusus kepada anak SMP dan SMA sekitar 100 lebih siswa. Selain itu juga ada seminar keris, bursa keris, pameran keris dan pameran satu desa satu keris.

“Dalam proses pengusulan ditetapkannya tanggal 25 Nopember sebagai hari keris nasional, Surjono berharap semoga keris ini bisa mempersatukan seluruh masyarakat mulai dari suku hingga agama,” harapnya, Selasa (26/11/2019).

Surjono juga menambahkan, dengan melestarikan budaya keris sebagai pemersatu bangsa maka Dinas sendiri mengarahkan kaum milenial untuk mengenal keris. Pastinya demi menjaga budaya leluhur pemerintah akan terus mendukung sepenuhnya. 

Ditempat yang sama Mamba Udin Safi’i selaku Ketua Panji Patrem Trenggalek dan Wakil bendahara Umum senapati Nusantara menerangkan pelaksanaan kali ini diikuti oleh seluruh paguyuban nusantara mulai dari lokal hingga luar jawa.

Terkait budaya tosan aji, seluruh komunitas tosan aji akan terus mendorong pemerintah agar segera metetapkan tanggal 25 november sebagai hari keris nasional. 

“Jika sudah ditetapkan kami optimis bahwa akan sangat dahsyat sekali efeknya, bahkan akan menjadi simbol atau identitas bangsa secara resmi dan seluruh bangsa indonesia akan bangga berkeris secara nasional,” terang Kang Mamba sapaan akrabnya.

Menurut Kang Mamba, alasan mendorong segera ditetapkannya hari keris nasional karena keris sendiri sudah diakui oleh unesco pada tahun 2005 tepatnya tanggal 25 november. Maka komunitas tosan aji dari berbagai nusantara juga mengajukan serta berharap tanggal 25 november sebagai ujung tombak yakni hari keris nasional. (Rud)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...