HomeJAWA TIMURBLITARPemkot Blitar Sabet Penghargaan Wahana Tata Nugraha Dari Menteri Perhubungan

Pemkot Blitar Sabet Penghargaan Wahana Tata Nugraha Dari Menteri Perhubungan

Plt Walikota Blitar Santoso menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) langsung dari Menteri Perhubungan di Ibukota Jakarta.

Blitar, smnnews – Prestasi membanggakan kembali diraih Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Pada Minggu (15/9/2019) Plt Walikota Blitar Santoso menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) langsung dari Menteri Perhubungan di Ibukota Jakarta.

Wahana Tata Nugraha adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Dengan mendapatkan penghargaan indikasinya kalau sistem lalu lintas dan transportasi publik di Kota Blitar sudah bagus dan memuaskan masyarakat.

Plt Walikota Blitar Santoso mengatakan kalau penghargaan ini merupakan kali keempat di raih Kota Blitar. Ini tidak lepas dari peran bersama pemerintah Kota Blitar melalui dinas perhubungan dan Kepolisian dalam penataan lalu lintas.

“Harapannya penghargaan ini memacu masyarakat tertib lalu lintas mulai dari hal terkecil seperti rapi dalam parkir. Sebab saat ini lalu lintas jadi kebutuhan bersama, maka dari itu ketertiban berlalu lintas tak terpisahnya agar terwujud kenyamanan bersama,” kata Santoso.

Mantan sekda ini menambahkan selain Kota Blitar menerima penghargaan WTN juga menerima penghargaan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi Jawa Timur dengan predikat terbaik pertama atas nama Heru Prasetyo Adi.

Tujuan pemilihan Abdi Yasa Teladan adalah dalam rangka menciptakan kesadaran bagi para sopir tentang pentingnya keselamatan berkendara. “Penghargaan-penghargaan ini tentunya harus kita syukuri dan selanjutnya mari pertahankan dan tingkatkan bersama ketertiban lalu lintas,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan dalam penghargaan WTN dinilai dari beberapa faktor lalu lintas. Diantaranya kelengkapan rambu lalu lintas, tingkat kecelakaan, kelancaran lalu lintas, dan sarana prasarana.

“Setelah dinilai lalu lintas Kota Blitar cukup bagus tidak terjadi kemacetan. Rambu-rambunya lengkap, ada bus sekolah, ada angkutan umum walaupun lesu tetap kita perdayakan,” ungkapnya.

Dalam WTN, bagi tingkat Kabupaten/Kota ada tiga tingkatan mulai dari sertifikat, WTN, dan WTN Kencana. Pemkot Blitar menargetkan untuk mendapatkan penghargaan tertinggi WTN Kencana.

“Kita terus bekerja menjadi lebih baik. Kota Blitar sudah 2 kali mendapat WTN, kalau sudah lima kali maka bisa mendapat WTN Kencana yang kita targetkan,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...