Pemkot Probolinggo Tandatangani Kerjasama Dengan Unibraw Malang

Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin didampingi kepala Bappeda Litbang saat menandatangani kerjasama dengan Unibraw.

Probolinggo, suaramedianasional.co.id – Badan Perencanaan, Pengembangan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo menggelar penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) antara pemkot lokal dengan Universitas Brawijaya Malang, pada Senin (11/3) di Ruang Transit.
Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin mengatakan komitmen bersama ini adalah untuk mewujudkan kerjasama dalam proses pembangunan yang berkelanjutan di Kota Probolinggo melalui pendidikan, penelitian, pengabdian bagi masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.
“Saya percaya bahwa penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan langkah awal bagi kedua intansi. Dan, selanjutnya tentu diperlukan langkah-langkah teknis untuk merealisasikan kemanfaatan yang diharapkan, ”katanya.
Walikota Hadi juga mengatakan dengan adanya kerja sama ini diharapkan Universitas Brawijaya dapat membatu Pemerintah Kota Probolinggo, disetujui, pada tahun 2019 pemkot berencana membangun rumah sakit (RS) tipe D dan B yang baru, sedangkan RS yang lama akan menjadi RS tipe C.
“Semoga dengan kerjasama yang baik, Universitas Brawijaya Malang dapat mengirimkan tenaga medisnya ke Kota Probolinggo. Dan, dapat diterima kuliahwanya untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau On The Job Training (OJT) di Pemerintah Kota Probolinggo agar lebih berdaya bagi masyarakat di Kota Probolinggo, ”harap Hadi.
Rektor Universitas Brawijaya,Nuhfil Hanani mengatakan insyaallah kerjasama ini saling membantu dan menguntungkan. Unibraw juga akan memberikan kontribusi ke Pemkot Probolinggo yaitu kontribusi ilmu dan teknologi, tenaga KKN atau bisa dengan tenaga dosen yang sedang mengabdi. Sumbangan yang ada akan sulit untuk Unibraw, tetapi harus disetujui. “Semoga Kesepakatan Kerjasama (PKS) ini dapat berjalan dengan baik, melanjutkan Kota Probolinggo menjadi kota yang maju dan menjadi salah satu Kota Poros di Jawa Timur,” imbuhnya.
Nuhfil juga memaparkan hampir semua kabupaten / kota / provinsi yang ada di Indonesia menyediakan beasiswa bagi yang berhak menerima , Dan, hampir 30% atau 16 ribu mahasiswa mendapat beasiswa dari berbagai pihak. “Syukur kalau dari Pemkot Probolinggo bisa memberikan beasiswa kepada penduduk asli Kota Probolinggo untuk menyiapkan sekolah ke Unibraw, dan Semoga Probolinggo semakin maju. Pelabuhan dan pusat – pusat industri semakin berkembang. Ketika semua sudah berkembang, diharapkan MoU dengan Unibraw dapat ditingkatkan lagi, ”harapnya.
Setelah dilakukan penandatanganan MoU, Wali Kota Probolinggo menyaksikan penandatanganan PKS antara Bappeda dan Litbang dengan Dekan Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. (edy)