HomeSUARA DAERAHPemkot Surabaya Gelar Bakti Sosial dan Pelayanan Terintegrasi di Eks Lokalisasi Moroseneng

Pemkot Surabaya Gelar Bakti Sosial dan Pelayanan Terintegrasi di Eks Lokalisasi Moroseneng

Bakti sosial dibuka langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Pemerintah Kota Surabaya menggelar Bakti Sosial dan Pelayanan Terintegrasi di Jalan Klakah Rejo Gang Lebar RT03 RW09 Kelurahan Klakah Rejo, Kecamatan Benowo, Surabaya, Jumat (3/5/2019). Kawasan ini merupakan salah eks lokalisasi yang di Kota Surabaya. Kini, warganya terus diberdayakan oleh Pemkot Surabaya.

Pada saat acara itu, semua pelayanan yang ada di jajaran Pemkot Surabaya diboyong ke tempat tersebut, sehingga warga berbondong-bondong mengurus semua pelayanan yang dibutuhkan. Hampir semua stand yang disiapkan oleh Pemkot, dipadati oleh warga untuk mengurus keperluannya  masing-masing. Berbagai makanan dan minuman UMKM juga tersedia di tempat tersebut.

Bakti sosial itu dibuka langsung oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Bahkan, pada saat itu Walikota Risma membakar semangat ibu-ibu yang ada di eks lokalisasi Moroseneng untuk membuka usaha dan bergabung dengan program pemerintah yang diberi nama Pahlawan Ekonomi, sedangkan anak muda yang ada di kawasan itu juga diajak untuk bergabung dengan Pejuang Muda.

Program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda merupakan salah satu program andalan Pemkot Surabaya, untuk pengembangan UMKM.

Risma pun mengundang salah satu anggota Pahlawan Ekonomi yang saat ini sudah sukses dengan produknya yang bernama Selendang Semanggi. Aminah, selaku pemilik produk itu menceritakan asal muasalnya yang dulunya berdagang semanggi keliling kampung. Sambil berkaca-kaca mengenang masa lalunya, ia pun menceritakan bahwa usahanya itu semakin sukses setelah bergabung dengan Pahlawan Ekonomi dan selalu dibimbing oleh mentor-mentor yang profesional.

“Beliau ini bukti nyata bahwa kita semua bisa, asalkan kita mau berusaha dan bekerja keras. Dulu dia juga merintisnya dari kecil, tapi sekarang produknya sudah masuk di minimarket-minimarket dan sekarang mobilnya sudah dua,” kata Risma.

Setelah panjang lebar menyemangati warga, terutama ibu-ibu yang ada di eks lokalisasi itu, Tri Rismaharini juga menasihati siswa-siswi SD dan SMP yang turut hadir di acara itu. Risma meminta agar anak- anak tetap semangat menempuh pendidikan dan mencari ilmu, serta tidak minder arau rendah diri dengan kondisi ekonomi yang kurang beruntung. “Jika kalian tidak punya sepatu bagus, tas bagus dan baju bagus tidak usah merengek-rengek kepada orang tuanya, karena itu tidak menjamin kalian akan juara kelas dan sukses,” kata Risma.

Seusai acara itu, Wali Kota Risma memastikan bahwa sengaja membakar semangat warga di eks lokalisasi Moroseneng itu supaya mereka mau menjadi pelaku usaha. Ia pun yakin bahwa dengan kesungguhan dan kemauan akan bisa menjadi pengusaha. “Saya memang ingin menyemangati warga di sini, bahwa dengan kesungguhan dan kemauan, ternyata bisa, tidak perlu dia orang berpendidikan tinggi, tapi kalau mau, ternyata dia bisa juga,” imbuhnya.

Risma juga menambahkan mulai saat ini hingga akhir masa jabatannya sebagai walikota, akan terus mengkampanyekan peningkatan ekonomi. Sebab, Kota Surabaya ini sudah dibangun sedemikian rupa, sehingga dia ingin yang menikmati infrastruktur ini adalah warga Kota Surabaya sendiri, bukan orang lain. “Jadi mulai sekarang sampai nanti jabatan saya berakhir, saya akan campaign terus soal ekonomi, karena kita sudah bangun Surabaya sedemikian rupa, infrastruktur sudah bagus, kalau masyarakatnya tidak gerak, maka yang menikmati infrastruktur ini adalah orang lain. Nah, saya ingin yang menikmati infrastruktur dan perkembangan Surabaya adalah warganya terlebih dahulu,” tegasnya.

Sementara itu, Camat Benowo, Muslich Hariadi,mengaku sangat senang acara ini bisa digelar di wilayahnya, apalagi antusias warga sekitar sangat tinggi, sehingga hampir semua pelayanan yang disediakan bisa dimanfaatkan dengan maksimal. “Kami memang woro-woro bahwa akan ada acara ini dan ternyata warga sangat antusias. Kami sangat bersyukur, apalagi ini merupakan eks lokalisasi yang terus kami gencarkan dengan program pengembangan perekonomian,” pungkasnya. (yud)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...