HomeSUARA DAERAHPemprov Jatim Concern Tangani Masalah Terorisme

Pemprov Jatim Concern Tangani Masalah Terorisme

Wagub Jatim hadiri acara ASEAN – US workshop on Developing National Action Plans on CVE di hotel Shangrila

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menegaskan bahwa Pemprov Jatim sangat concern terhadap permasalahan terorisme. Bahkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan sinergitas terkait penanganan terorisme dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

“Saya bersama ibu Gubernur Khofifah bekerja serius dan terus mensupport terkait deteksi dini terhadap terjadinya kerawanan sosial dan terorisme, mulai dari hilir hingga di sisi hulunya juga,” tukas Emil sapaan akrab Wakil Gubernur Jatim saat menghadiri ASEAN-U.S. Workshop Developing National Action Plans on Countering Violent Etxtremism (CVE) yang diselenggarakan di Hotel Shangrila Surabaya, Senin (5/8).

Wagub Emil menjelaskan, berbicara tentang terorisme erat kaitannya dengan pemahaman agama setiap orang. Apalagi, Jatim merupakan salah satu daerah yang berpenduduk muslim terbesar di Indonesia. Oleh sebab itu, berbagai pengenalan dan deteksi dini mengenai hal yang mengarah ke terorisme ataupun radikalisme harus disosialisasikan ke mereka.

“Jika kita bicara Islam maka Jatim merupakan salah satu basic dari keberadaan Islam. Terlebih lagi, keberadaan pondok pesantren  di Jatim juga sangat banyak dengan total santri mencapai hampir 1 juta orang,” urai Wagub Emil yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini.

Ditambahkan, pondok pesantren bisa diibaratkan layaknya boarding school yang menggembleng para generasi muda muslim. Para santri tersebut juga diajarkan bahwa islam merupakan agama yang rahmatan Lil Alamin. Selain itu, para santri tersebut tidak hanya berasal dari Jatim tapi juga banyak yang berasal dari luar negeri.  

“Jika bicara tentang ponpes maka kita akan ingat salah satu organisasi islam yang besar yaitu Nahdlatul Ulama (NU). Keanggotaan NU sudah menyebar di Indonesia bahkan di Jatim hingga ke pelosok desa,” ujarnya.

Wagub Emil berharap,  koordinasi dan diskusi pada workshop kali ini bisa berjalan efektif dan menghasilkan keputusan yang terbaik untuk ikut menangkal terorisme di Indonesia khususnya Jatim. Terlebih lagi, kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari beberapa negara yang tergabung dalam ASEAN. 

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena semua peserta akan sharing best pratice  yang pernah dilakukan di negaranya masing-masing,” tutup Wagub Emil sembari berpesan kepada semua yang  hadir untuk tidak lupa menikmati aneka wisata termasuk yang disuguhkan di Jatim utamanya Surabaya.

Sementara itu, Deputi Kerjasama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Andhika Chrisnayudhanto mengatakan, bahwa Surabaya beberapa waktu lalu pernah menjadi headline utama terkait peristiwa terorisme. Tiga lokasi menjadi sasaran teroris dengan peledakan bom. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan terorisme menunjukkan wujud dari ekstrimisme yang menyimpang.“Yang lebih mengkhawatirkan karena pelakunya melibatkan keluarga, dimana wanita termasuk anak-anak juga dilibatkan dalam peledakan bom tersebut,” terangnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pihaknya menganggap penting workshop tentang perencanaan aksi nasional untuk mencegah dan melawan terorisme. Apalagi, pada tahun 2015 Sekjen PBB membuat rekomendasi melalui rencana tindakannya untuk mencegah ekstrimisme kekerasan. 

“Saya harap diskusi ini bisa hidup dan membahas berbagai cara dalam menangani masalah terorisme, sehingga akan menghasilkan rencana aksi nyata dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, antara lain Deputy Coordintor for Countering Violent Extrimism U.S Departmen State Christoper Harnisch, Programme Manager Global Programme on PCVE Policy Assistant Raja Gundu, Direktur AMAN Indonesia Ruby Kholifah, dan Advisor PPIM UIN Jakarta Jamhari Makruf. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...