HomeUMKMPengertian Dan Jenis Digital Marketing

Pengertian Dan Jenis Digital Marketing

Oleh: Edit Suwantara, S.E.
Koordinator Klinik Usaha Mikro Kota Kediri

 

Kediri, suaramedianasional.co.id – Anda tentu tidak asing lagi dengan istilah Digital Marketing, bukan?. Namun, apa sebenarnya pengertian digital marketing itu, dan apa saja jenis digital marketing yang bermanfaat bagi kesuksesan bisnis Anda .

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media internet. Pemasaran dalam internet marketing bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tapi juga termasuk promosi produk dan jasa baru, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan.

Saat ini, website merupakan persyaratan utama untuk menang dalam persaingan digital. Data menunjukkan bahwa 97% konsumen mencari produk maupun jasa yang akan digunakan melalui internet.

70% dari mereka mencari perbandingan harga maupun fitur yang ditawarkan dengan produk maupun jasa sejenis. Bahkan 88% nya memiliki keputusan untuk membeli setelah membaca review produk maupun service nya terlebih dahulu.

Dapat pula dikatakan website adalah “toko digital” bagi bisnis Anda yang bahkan dapat menggantikan keberadaan toko fisik maupun tenaga penjualan konvensional.

Adapun peran utama website dalam mengembangkan perusahaan Anda adalah :

  1. Menunjukkan profesionalisme perusahaan Anda
  2. Membantu customer memahami produk atau jasa Anda
  3. Sebagai “Sales Representative” 24 jam
  4. Media penjualan produk atau jasa Anda secara lebih mudah
  5. Media promosi yang lebih hemat biaya dan lebih efektif

Jenis Digital Marketing #2 – Search Engine Marketing

Yang dimaksud dengan Search Enggine Marketing adalah upaya untuk membuat website perusahaan Anda mudah ditemukan dalam mesin pencari sejenis google. Untuk dapat berada di halaman pertama mesin pencari sekelas google, dibutuhkan waktu yang lama dan teknik khusus untuk menerapkannya.

Search Engine Marketing pun memiliki dua kategori yaitu kategori organik dan non-organik. Kategori organik biasa disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO) yang relatif lebih murah bahkan dapat dilakukan sendiri dengan gratis, namun membutuhkan waktu yang lebih lama karena peruntukannya sebagai investasi jangka panjang.

Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) yang berbayar akan jauh lebih cepat untuk membuat website kita berada di posisi teratas google. Berikut adalah contoh dan perbedaan dari SEO dan SEM dalam mesin pencari google.

Jenis Digital Marketing #3 – Social Media Marketing

Pengguna sosial media yang terus meningkat untuk berbagai keperluan seperti sarana komunikasi, berkumpulnya komunitas bahkan sebagai media mencari informasi, kini juga semakin dioptimalkan pengusaha sebagai sarana promosi bisnis mereka.

Beredarnya berbagai platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Linkedin, Twitter, Youtube dan lain sebagainya, membuat penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan menjangkau lebih banyak orang. Selain itu, sosial media marketing juga digemari karena dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan gratis.

Selain dapat meningkatkan brand perusahaan, sosial media juga dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi dan interaksi antara perusahaan dengan konsumen.

Jenis Digital Marketing #4 – Online Advertising

Sedangkan yang dimaksud dengan online advertising adalah media promosi atau periklanan melalui internet dengan cara berbayar. Online advertising sendiri memiliki beberapa pilihan yang beragam sesuai kebutuhan Anda, seperti Display Advertising, Social Media Advertising, PPC, Youtube Advertising, dan masih banyak lagi.

Walau tingkat keberhasilan penjualan dengan cara online advertising ini lebih memuaskan karena Anda dapat mengatur target konsumen yang melihat iklan tersebut, pilihan untuk melakukan online advertising terbilang jauh lebih mahal walau masih cenderung terjangkau bila dibandingkan dengan media promosi luar ruangan (Out of Home Media) seperti billboard, Signage, Booth, dan media iklan televisi.

Jenis Digital Marketing #5 – Email Marketing

Saat Anda sudah membangun daftar subscriber dari website, maka email marketing merupakan langkah promosi tahap selanjutnya untuk menjaga calon pelanggan tersebut dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk maupun jasa Anda.

Dengan Email marketing, Anda dapat memberikan informasi yang update seputar program promosi yang sedang berlangsung, maupun memperkenalkan produk atau jasa Anda yang baru. Email marketing juga membuat pelanggan Anda tidak ketinggalan akan informasi dari perusahaan Anda seperti kegiatan maupun berita terbaru.

Jenis Digital Marketing #6 – Video Marketing

Cara yang lebih efektif dalam menyampaikan informasi mengenai produk dan jasa perusahaan Anda adalah dengan menggunakan video marketing. Video marketing menjadi media promosi paling ampuh karena dapat memuat lebih banyak informasi namun dengan cara yang menarik dan mudah diingat.

 

Video marketing yang dapat dibuat dengan format real hingga animasi 2D dan 3D, bermanfaat dalam berbagai hal diantaranya :

  1. Sebagai Video Company Profile yang menjelaskan mengenai bisnis Anda
  2. Menjelaskan cara kerja produk dan pengaplikasiannya
  3. Menampilkan testimonial pelanggan dan review mereka terhadap bisnis Anda
  4. Sebagai media kreatif untuk mempromosikan produk dan jasa Anda

Kesimpulan

Digital marketing yang memiliki jenis yang beragam merupakan sebuah pilihan yang memudahkan para pengusaha untuk menentukan cara yang tepat untuk promosi bisnis mereka.(edt)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...