HomeBERITAPentingnya NIB sebagai Portal Utama Usaha, Permerintah Lamongan Gelar Sosialiasi kepada Semua...

Pentingnya NIB sebagai Portal Utama Usaha, Permerintah Lamongan Gelar Sosialiasi kepada Semua Pelaku Usaha

Pak Yes Bupati Lamongan dalam penyerahan Bukti Fisik NIB kepada Pelaku Usaha

LAMONGAN, SMNNews.co.id – Pemerintah Kabupaten Lamongan yang dalam hal ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan menggelar sosialisasi NIB (Nomir Induk Berusaha) terhadap para pelaku usaha terutama pelaku usaha ultramikro di Lamongan, acara sosialisasi ini juga berkolaborasi dengan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Lamongan dan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Lamongan,pada Sabtu (26/11) di Ruang Gajah Mada Gedung Pemkab Lamongan.

Pada pelaksanaannya kegiatan tersebut diharapkan akan mampu memberikan pemahaman pada para pelaku usaha ultramikro, tentang pentinya kepemilikan NIB dalam ber-usaha. Diterangkan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bahwa NIB merupakan identitas bagi para pelaku usaha, sebagai bukti registrasi atau pendaftaran pelaku usaha dalam melakukan kegiatan usahanya.

“Panjenengan semuanya kalau sudah punya nomor induk berusaha nanti akan jelas identitas juga identifikasinya, kalau ada apa-apa dengan usaha sudah ada nomornya, sudah terdaftar,” terang Pak Yes.

Pak Yes juga menjelaskan jika dengan dimilikinya NIB maka para pelaku usaha ultramikro yang sebagian besar merupakan ibu-ibu tersebut dapat lebih fokus dalam ber-usaha. “Panjenengan tidak perlu bingung mikir modal, sudah banyak penyedia modal seperti PNM, koperasi, KUR, dan lainnya. Pemerintah juga menyediakan banyak akses untuk memudahkan pemenuhan panjenengan semua dalam ber-usaha, hal ini supaya panjenengan lebih fokus lagi agar usahanya dapat berkembang,” tambah Pak Yes.

Pak Yes bersama semua Masyarakat pelaku usaha dalam acara sosisalisasi NIB

Dilaporkan Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan Anang Taufik, bahwa peserta yang mengikuti sosialisasi pada hari ini berjumlah 250 ibu-ibu pelaku usaha ultramikro. Hal ini sejalan dengan apa yang menjadi prioritas Pak Yes, yakni menciptakan 10 ribu wirausaha baru di Lamongan.

“Para pelaku itu portalnya ada di NIB. NIB ini menjadi portal utama bagaimana pelaku usaha bisa mendapatkan yang namanya P-IRT, bisa mendapatkan label halal, BPOM dan bahkan sampai paten,” kata Anang Taufik.

Pada kesempatan tersebut, Pimpinan Cabang PNM Lamongan Anang Fathurrahman juga mengatakan bahwa kegiatan ini difokuskan pada sosialisasi NIB untuk mempermudah dalam melaksanakan usaha.

“Kegiatan hari ini kita fokuskan pada sosialisasi NIB atau nomor induk berusaha. Jadi apabila aktivitas ibu-ibu nanti sudah terdaftar di nomor induk berusaha, misalkan pemkab punya program yang berkaitan dengan khususnya usaha mikro, ini juga aksesnya lebih mudah,” ucap Anang Fathurrahman.

Hadir pula dalam kegiatan, Ketua Dekranasda Kabupaten Lamongan Anis Kartika Yes sebagai pemateri pada Sosialisasi Nomor Induk Berusaha. (ymm)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Perdana Hadiri Panen Raya, Pangdam V Brawijaya Perintahkan Semua Dandim di Jatim Kawal Stabilitas Ketahanan Pangan

NGAWI, SMNNews.co.id - Pangdam V Brawijaya, Mayjen Rafael Granada Baay menghadiri raya padi di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kamis (19/4/2024). "Ini merupakan panen raya...

Bupati Blitar Beri Jawaban Atas PU Fraksi Tentang 3 Ranperda di Paripurna DPRD Kabupaten Blitar

BLITAR, SMNNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna bertempat di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Jumat 19/04/2024. Ada dua agenda yang dibahas dalam...

Bupati Asahan Batalkan Pelantikan Kepala UPTD di 22 Maret 2024

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 49 orang Kepala UPTD TK, SD, SMP dan Kepala SPNF SKB Negeri di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan yang dilantik...