HomeJAWA TIMURKEDIRIPenuhi Fasilitas Dasar di Area Desa Wisata

Penuhi Fasilitas Dasar di Area Desa Wisata

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam arahannya menyampaikan agar desa wisata terus menekankan potensi masing-masing desa dengan menonjolkan kearifan lokal.

Kediri, Suaramedianasional.co.id – Pengembangan desa wisata di Kabupaten Kediri terus mendapat perhatian dari Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. Hal ini mengingat desa wisata memiliki dampak luas dalam mengakselerasi kemajuan pembangunan suatu wilayah.

Berkenaan dengan hal tersebut, Bupati Kediri menggelar audiensi dengan pelaku desa wisata di Kabupaten Kediri. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro serta para kepala desa yang memiliki status sebagai desa wisata. Kegiatan ini bertempat di Sumber Podang Desa Joho Kecamatan Semen, Jumat (1/3/19).

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno dalam arahannya menyampaikan agar desa wisata terus menekankan potensi masing-masing desa dengan menonjolkan kearifan lokal. Selain itu beliau berpesan agar mengoptimalisasi potensi tersebut secara kreatif.

“Gali potensi secara kreatif. Misal di sumber air atau sungai yang terkait destinasi wisata, ada aturan air tidak boleh dibendung. Nah, kita bisa menggunakan pelepah pisang guna meningkatkan debit air. Sehingga bisa digunakan untuk wisata air,” jelasnya.

“Ini diperbolehkan seperti di wilayah bukit tinggi Sumatra. Karena warga memanfaatkan biasanya untuk beternak ikan. Sehingga irigasi tetap lancar dan wisata juga berjalan,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Bupati Haryanti, untuk desa wisata yang sudah ada untuk terus mengembangkan destinasi wisatanya serta memperhatikan kebutuhan yang menjadi standar, misal toilet, masjid, parkir, rest area, homestay dan kebutuhan para penyandang disabilitas.

“Agar pengunjung bisa betah dan destinasi wisata tersebut tidak ditinggal oleh pengunjung, kita harus penuhi dan berikan pelayanan dasar. Selain itu, terus jalankan koordinasi yang baik dengan pihak terkait misal Perhutani atau Pengairan. Agar tidak terjadi salah paham saat mengelola destinasi wisata yang berada di area Perhutani atau Pengairan,” pesan Bupati. (Kominfo/adv/kan)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...