HomeBERITAPeringatan Hari Sumpah Pemuda di Blitar, Dimeriahkan Ribuan Penari Jaranan Trail

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Blitar, Dimeriahkan Ribuan Penari Jaranan Trail

Bupati Blitar Rijanto dengan semangat menari ditengah siswa yang memainkan kesenian jaranan trail.

Blitar, SMNNews.co.id – Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 22 Oktober di Kabupaten Blitar dikemas meriah. Pasalnya usai upacara selesai, digelar tari kolosal mamainkan berbagai kesenian khas Blitar di Alon-alon Kanigoro Jalan Kusuma Bangsa no 60.

Dari panari yang berjumlah 2019 itu, terdiri dari siswa SMA dan SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Blitar. Mereka terlihat memainkan kesenian mulai barongan, celengan, kucingan, dan jaranan. Meski jumlahnya sangat banyak mereka kompak menari-nari di lapangan.

Bahkan Bupati Blitar Rijanto yang awalnya menonton, tertarik dan ikut terjun menari. Dengan membawa topeng barongan bupati ikut menari dengan para siswa di tengah Alon-alon.

“Sangat bagus sekali ada barongananya, celengannya dan jaranannya. Dan salah satu yang harus kita lestarikan adalah jaranan trail yang dulu pernah kita bawa ke Los Angeles untuk promosi daerah,” ungkapnya.Bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini, Bupati Rijanto berharap agar kesenian seperti jaranan trail ini bisa dimasukkan ke kurikulum ekstrakurikuler. Sebab pemuda merupakan penerus bangsa, yang apabila kesenian tidak dikenal oleh pemuda, maka beberapa dekade kedepan bisa hilang kesenian asli Blitar ini.

“Harus kita tanamkan sejak dini ke anak-anak kita. Agar menjadi pewaris kita yang hebat yang bagus untuk melestarikan budayanya sendiri,” harap bupati yang punya perhatian penuh pada seni budaya.Bupati berpesan agar pemuda lainnya untuk ikut melestarikan kesenian daerah seperti jaranan dan barongan. Mana di daerah lain juga sedang bersaing dalam memamerkan kesenian daerah masing-masing.“Kaum milenial atau remaja ini kreatif-kreatif. Kesenian asli Blitar seperti jaranan emprak dan jaranan trail membuat warga Amerika terkesan karena dimainkan anak-anak milenial kita,” pungkasnya. (kmf/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...