HomeJAWA TIMURPeringati Hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke-828, Pemkab Gelar Festival Kesenian Jaranan, Catat...

Peringati Hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke-828, Pemkab Gelar Festival Kesenian Jaranan, Catat Tanggalnya!

Kesenian Jaranan

TRENGGALEK, SMNNews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur, kembali menggelar Festival Kesenian Jaranan 2022. Acara rutin tahunan ini merupakan salah satu rangkaian acara perayaan hari jadi Kabupaten Trenggalek ke-828 .

Ketua Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto mengatakan, pada 2021, acara tersebut dilaksanakan secara tertutup atau tanpa penonton karena pandemi Covid-19. “Sementara, pada 2022, Festival Kesenian Jaranan akan digelar secara terbuka sehingga bisa dinikmati masyarakat umum,” ujar Sunyoto, Minggu (07/08/2022) dikutip dari kompas.com.

Baca Juga : Laku 30 Juta! Lukisan Bertema Reog Obyok Ini Milik Maestro dari Ponorogo

Sunyoto menambahkan, penyelenggaraan acara tersebut merupakan upaya pembinaan serta apresiasi terhadap para seniman. Selain itu, acara itu sekaligus bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisata budaya melalui kesenian jaranan.

“Lewat acara ini, kami harap pelaku seni jaranan bisa lebih semangat dan bisa meningkatkan kualitas berkeseniannya. Festival ini juga diharapkan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat setelah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sebagai informasi, Festival Kesenian Jaranan 2022 akan dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Trenggalek, Rabu (10/8/2022) hingga Jumat (12/8/2022),” ucap Sunyoto.

Adapun tarian jaranan yang akan dilombakan meliputi dua kategori. Kategori pertama adalah Jaranan Turonggo Yakso yang merupakan tarian jaranan khas Trenggalek. Sementara, kategori kedua adalah tarian jaranan umum lokal Trenggalek jenis lain, seperti Jaranan Sentherewe dan Jaranan Pegon.

Baca Juga : Kepepet! Pria di Probolinggo Curi Uang Rp 6 Ribu di Toko Orang, Begini Kronologinya

Sunyoto mengatakan, terdapat kriteria penilaian tarian kompetisi meliputi lima hal, yakni koreografi, kemantapan tampilan dan kreativitas penyajian. Peserta yang bisa mengikuti Festival Kesenian Jaranan 2022 pun terbatas. Sebab, hanya ada 30 kelompok saja yang boleh berpartisipasi. Tiga puluh kelompok ini dibagi menjadi dua kategori, yakni 15 peserta kategori Jaranan Turonggo Yakso dan 15 kelompok tari jaranan umum.

“Hingga saat ini, pendaftar kategori Jaranan Turangga Yakso masih berjumlah 9, sementara pendaftar kategori jaranan umum berjumlah 10,” tambah Sunyoto. (kom/red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...