HomeBERITAPeringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Pulang Pisau Gelar Sosialisasi dan Launching Bank...

Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH Pulang Pisau Gelar Sosialisasi dan Launching Bank Sampah

DLH Pulang Pisau menggelar sosialisasi dan sekaligus melaunching Bank Sampah Sadar Alam di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

PULANG PISAU, SMNNews.co.id – Hari Lingkungan Hidup sedunia diperingati pada 5 Juni setiap tahunnya. Di momentum tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mensosialisasikan dan sekaligus melaunching Bank Sampah Sadar Alam, Senin (6/6/2023) di Aula Kantor Kecamatan Kahayan Hilir.

“Kegiatan ini sekaligus juga mensosialisasikan pemanfaatan FABA dari pihak PLTU Pulang Pisau serta dirangkai dengan penyerahan SK Binaan Bank Sampah kepada Ibu Ramining selaku Direktur Bank Sampah Sadar Alam,” kata Hendri Arroyo Kadis LH Pulang Pisau kepada awak media.

Hendri menyebut, dengan langkah ini dharapkan ada upaya untuk mengurangi volume sampah rumah tangga ke TPS dan TPA. Karena, lanjutnya, apabila hal ini terealisasi, maka pihak bank sampah langsung jemput bola ke rumah-rumah warga dan akan ada penimbangan sampah melalui pemilahan.

“Jangka pendeknya untuk sampah nonorganik dulu, seperti plastik, besi, dan lainnya. Sedangkan untuk tahap selanjutnya melalui kecamatan melakukan edaran ke lurah dan kades untuk diadakan kegiatan sosialisasi manfaat bank sampah, agar tersampaikan ke masyarakat,” ujarnya.

Hendri menambahkan, rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2023 ini, DLH Pulang Pisau selain melaunching bank sampah juga melakukan penanaman pohon mangrove, pemasangan imbauan dibeberapa desa terkait karhutla, perlindungan gambut dan terkait persampahan.

“Kami dari DLH Pulang Pisau mengucapkan terimakasih kepada semua seluruh pihak, khususnya PT. PLN Nusantara Power UP Pulang Pisau, Pertamina yang sudah memfasilitasi kegiatan ini, termasuk ucapan terimakasih kepada pimpinan Bank Kalteng yang kembali mengusulkan bantuan transportasi untuk tahun ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Manajer Unit PT. PLN Nusantara Power UP Pulang Pisau, Fu’ad Arifin mengatakan, pihaknya siap mendukung dan membantu penuh program pemerintah daerah terkait pengelolaan Bank Sampah ini.

“Yang pastinya pihak PLTU siap membantu melalui program CSR kami bagaimana infrastruktur di Bank Sampah dapat terpenuhi, terutama di pengelolaan sampah baik sampah organik maupun nonorganik dalam rangka meningkatkan proses pengelolaannya agar lebih modern,” katanya.

Kepada awak media, Direktur Bank Sampah Sadar Alam Ramining mengatakan, pihaknya akan terus mensosialisasikan program Bank Sampah ini lapisan masyarakat.

“Nantinya masyarakat dapat memilah sampah di rumah, dan setelah dipilah dari rumah, kami akan menjadwalkan penimbangan dan akan kita beli sampah tersebut sesuai harga pasaran. Nanti juga proses pembayarannya sesuai keinginan masyarakat apabila ingin kes kita bayarkan dan kalau ingin ditabung di rekening Bank Sampah juga bisa,” ujarnya.

“Untuk proses pembelian dan penjualan sampai dimaksud, nanti bisa kami langsung jemput ke rumah-rumah atau masyarakat bisa mengantar langsung ke Bank Sampah,” tambahnya.

Sementara hadir di kegiatan tersebut, Direktur PT. PLN Nusantara Power UP Pulang Pisau, Direktur Bank Sampah Sadar Alam, camat Kahayan Hilir, lurah Bereng dan Kades Mantaren II, Kades Anjir dan LPMK serta jajaran PLTU Pulang Pisau. (m.sapawi)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...