HomeSUARA DAERAHPeringati Kebangkitan Nasional, Dorong Persatuan dan Kesatuan

Peringati Kebangkitan Nasional, Dorong Persatuan dan Kesatuan

Plt. Bupati Trenggalek saat menjadi pemimpin upacara.

Trenggalek, suaramedianasional.co.id – Pemerintah Kabupaten Trenggalek gelar peringatan hari Kebangkitan Nasional, Senin (20/5/2019) di Alun-alun Trenggalek. Peringatan hari Kebangkitan Nasional ini diikuti oleh semua unsur masyarakat, baik TNI-POLRI, ASN, Pelajar dan kelompok masyarakat.

Membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Plt. Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyebutkan Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

 

Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Plt. Bupati ini menambahkan saat ini kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita telah mengaspirasikan pililhan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa.

 

Alhamduillah, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, imbuhnya

Dalam kesempatan peringatan hari Kebangkitan Nasional ini, Nur Arifin tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya atas pengorbanan mereka.

 

Sedangkan terhadap seluruh warga masyarakat bapak tiga anak ini menghimbau untuk bersabar, menunggu ketetapan penghitungan suara resmi yang akan diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama lagi dan menghormati apapun hasilnya.

Nur Arifin mengisyaratkan kepada seluruh masyarakat untuk menghormati apapun hasil dari pemilu oleh lembaga yang berwenang, serta mau menahan diri demi keutuhan dan persatuan bangsa.

 

Lebih satu abad bangsa ini menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa, kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan ndonesia, tandasnya. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...