HomeBERITAPernyataan Wali Kota Malang "Sarankan Aremania Demo Pada Tuhan", Tuai Kritik!

Pernyataan Wali Kota Malang “Sarankan Aremania Demo Pada Tuhan”, Tuai Kritik!

Yesta (narik kedua dari kanan), tim Aremania menggugat saat melakukan konferensi pers

MALANG, SMNNews.co.id – Indonesia Sebagai negara yang menjunjung tinggi demokrasi dan kebebasan berpendapat, terlebih ketika dirasa ada ketidakadilan, maka hak setiap warga negara, termasuk Aremania, untuk mempertanyakannya, lewat medium apapun yang konstitusional, termasuk demonstrasi atau unjuk rasa, dalam tataran kebebasan berpendapat.

Statement Wali Kota Malang agar Aremania berdemonstrasi kepada tuhan dengan menggelar doa bersama, membuat beberapa tokoh di Kota Malang bereaksi atas pernyataan di salah satu media online lokal.

Menanggapi hal itu, Ketua PP Kota Malang, Agus Sunar Dewabrata pada Sabtu (3/12/2022), mengungkapkan, jika dirinya memaklumi apa yang disampaikan walikota.

Baca Juga : Aremania Ragukan Hasil Otopsi PDFI, Berikut Alasannya!

 “Mungkin maksud pak wali baik, tapi kesannya masih multitafsir,”jelasnya.

“Jadi dalam waktu dekat kami akan audiensi, tabayun, apa yang dimaksudkan pak wali sebenarnya,” imbuh pria yang akrab disapa agus ini pada SMNNews.

Lebih lanjut ia menambahkan, jika aksi unjuk rasa yang dilakukan Aremania belakangan ini sebenarnya juga bagian dari doa dalam pengertian ikhtiar, mungkin caranya yang berbeda.

“Misalnya dalam Islam, kan ada habluminallah (hubungan dengan Allah) dan habluminanas (hubungan sesama manusia), Nah dalam konteks aksi unjuk rasa itu bagian dari habluminanas, termasuk dalam proses hukum Itu juga habluminanas,” imbuhnya

Sementara itu, Team Hukum Aremania Menggugat, Yiyesta Ndaru Abadi, menyesalkan pernyataan Walikota Malang dan juga mengingatkan pada semua pihak agar bertanya kepada hati nurani masing-masing dan bertanya pada diri seNdiri kenapa Aremania harus terus unjuk rasa jika “Kami korban tragedi kanjuruhan” sudah menemukan keadilan.

“Yang kami tuntut adalah keadilan, serta transparansi dalam penyelidikan termasuk mengungkap aktor intelektual dibalik tragedi Kanjuruhan, itu kenapa aksi demonstrasi oleh Aremania terus berlanjut,” tegasnya.

Yesta juga mengingatkan jika rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang dipimpin Menko Polhukam, Mahfud MD, yang menurutnya juga belum dijalankan secara optimal, sehingga hal ini memicu aksi yang berkelanjutan oleh Aremania hingga hari ini.

Baca Juga : Malam Amal! Musisi Kota Malang Gelar Konser Bertema “Together We Rise”

Sebelumnya warga kota malang dikejutkan dengan adanya statemen Wali Kota Sutiaji yang dimuat di salah satu media, yang intinya, agar Aremania demonstrasi kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan cara menggelar doa bersama.

Dimana Sutiaji menyampaikan hal itu, sesaat usai memberi pandangan pada forum group discussion (FGD) terhadap perkembangan dinamika sosial bersama Forkopimda Kota Malang, di Mini Block Office Pemkot Malang, pada Jumat (2/12/2022).

Sementara itu, belum ada konfirmasi dari walikota Malang saat dihubungi melalui pesan WA hingga berita ini diturunkan. (yoe)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...