HomeBERITAPetani Ponorogo Ekspor 300 Ton Kunyit Kering ke India, Kang Sugiri :...

Petani Ponorogo Ekspor 300 Ton Kunyit Kering ke India, Kang Sugiri : Ini Harus Berkelanjutan!

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat memberangkatkan Ekspor 300 ton Kunyit Kering ke India

PONOROGO, SMNNews.co.id – Kelompok petani di Kabupaten Ponorogo, kembali mengekspor rempah-rempah ke India. Kali ini yang di ekspor ke India adalah kunyit kering.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, mengatakan para petani di Kecamatan Slahung kembali Mengekspor 300 ton kunyit kering ke India, Senin (8/8/2022). Kunyit kering seberat 300 ton itu dikirim menggunakan 10 truk tronton.

Baca Juga : Laku 30 Juta! Lukisan Bertema Reog Obyok Ini Milik Maestro dari Ponorogo

Kang Bupati Sugiri menyampaikan nilai ekspor kunyit kering ini mencapai Rp 3 miliar. Dia menuturkan rempah-rempah asal Indonesia sudah lama terkenal dan berkualitas super.

“Saya berharap ekspor rempah-rempah ini terus berlanjut,” ujarnya.

Pengiriman kunyit kering ini merupakan pengiriman yang kedua. Pada Maret 2022, petani Ponorogo juga telah mengirim berbagai rempah-rempah ke India.

“Pangsa pasar di luar negeri masih terbuka luas. Kita punya produk utama, produk-produk potensial, maupun produk jasa yang laku di pasar ekspor,” jelas dia.

Desa Truneng di Kecamatan Slahung ini menjadi salah satu desa binaan PT. Astra International Tbk dalam mengembangkan ekspor komoditas kunyit ke India.

Baca Juga : Adu Banteng! Avanza vs Truk Tebu, Dua Pengemudi Alami Luka Serius

Koordinator Desa Sejahtera Astra (DSA) Biwi Suwito, mengatakan permintaan ekspor kunyit kering dari India sebanyak 2.000 ton. Sedangkan Ponorogo baru mampu memenuhi sekitar 300 ton hingga 350 ton per bulan.

“Ini merupakan peluang besar bagi petani khususnya kunyit atau tanaman rempah-rempah lainnya,” kata dia. (sp/red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...