HomeJAWA TIMURBLITARPetugas Gabungan Sidak Pasar Swalayan, Pastikan Produk Pangan Aman Dikonsumsi

Petugas Gabungan Sidak Pasar Swalayan, Pastikan Produk Pangan Aman Dikonsumsi

Kapolres Blitar, AKBP Anisullah M Ridha bersama tim pangan Disperindag Kabupaten Blitar melakukan sidak kebutuhan pokok di Pasar Wlingi.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Demi menjaga kualitas bahan makanan dan minuman serta memantau perkembangan harga sembako, Satgas Pangan Polres Blitar gandeng instansi terkait guna melakukan pengecekan produk pangan jelang lebaran.

Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha memimpin langsung  tim gabungan Polri dan Disperindag Kabupaten Blitar untuk mengecek produk pangan di sejumlah supermarket di wilayah Blitar pada Senin (20/5/2019).Tujuan sidak kali ini di supermarket Sinar Makmur Wlingi dan juga Pasar Besar Wlingi di Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Kapolres membeberkan kegiatan semacam itu akan terus dilaksanakan hingga menjelang Idul Fitri mendatang. Tujuannya, untuk memastikan produk pangan yang dijual di pasaran betul-betul aman dikonsumsi masyarakat luas, selain itu juga untuk memantau perkembangan harga pangan di bulan puasa dan jelang lebaran .

Dalam kegiatan tersebut tim gabungan menemukan beberapa produk yang kemasannya rusak dan masih ada pembagian dan pengeceran kemasan bahan makanan dan minuman tanpa label masa kedaluwarsa.

Selain memantau produk dagangan yang didisplay, tim juga blusukan ke gudang, guna mengecek tempat penyimpanan stok bahan pangan.

Tim Diperindag, Priyo Sanyoto, menyoroti ada beberapa gudang penyimpanan yang masih kurang memperhatikan keamanan, di mana peletakan bahan makanan dan minuman di lantai keramik langsung, tanpa dialasi palet sehingga dapat mencemari bahan makanan dan minuman tersebut.

“Seharusnya dalam gudang penyimpanan produk pangan, jangan di lantai keramik langsung, namun harus dialasi palet, sehingga produk pangan tidak tercemar,” jelas Priyo

Lebih lanjut Priyo membeberkan selama kegiatan sidak di dua tempat, yakni di supermarket Sinar Makmur dan Pasar Besar Wlingi tidak ada temuan berarti. Namun demikian Priyo mengingatkan kepada supervisor agar selalu mengutamakan pelayanan kepada konsumen, termasuk memperhatikan segi kesehatan. “Makanan itu terpenting segi kesehatannya, untuk itu pemilik supermarket harus terus memantau kapan kadaluarsanya,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

RSUD Bangil Gelar Focus Group Discussion (FGD) Bersama Anggota Komisi 4 Dewan DPRD dan Awak Media

PASURUAN, SMNNews.co.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangil Kabupaten Pasuruan, Mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama Anggota Dewan Komisi 4 Perwakilan Rakyat Daerah...

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....