HomeADVERTORIALPjs Walikota Blitar Jumadi Resmikan Kampung KB Berseri Kelurahan Pakunden

Pjs Walikota Blitar Jumadi Resmikan Kampung KB Berseri Kelurahan Pakunden

Pjs Walikota Jumadi memberikan warga berprestasi di peresmian Kampung KB Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo

BLITAR, SMNNews.co.id – Pjs Walikota Blitar Jumadi meresmikan pembentukan Kampung KB ‘Berseri’ di Kelurahan Pakunden, Kecamatan Sukorejo (selasa. 24/11/2020). Nantinya akan menjadi percontohan kampung yang melaksanakan program Keluarga Berencana (KB) dengan baik.

Plt Walikota Blitar Jumadi mengharapkan dengan peresmian ini kampung ini tidak hanya sekedar menerapkan Keluarga Berencana namun terus berinovasi menjadi kampung berkualitas. Itu bukan hal yang mustahil mengingat pertumbuhan ekonomi Kota Blitar sudah melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kota di Jawa Timur.

“Kita harapkan kampung ini direplikasi. Targetnya 1 kecamatan 1 kampung KB tapi kita harap 1 kelurahan 1 kampung KB,” kata Jumadi.

Menurut Jumadi, pembentukan kampung KB ini menjadi hal yang penting. Pasalnya Jawa Timur mendapat bonus demografi yang mana di tahun 2018 jumlah usia produktif usia 19 tahun cukup banyak. Maka perlu pengendalian, supaya bonus ini dimanfaatkan dengan baik.

Diantaranya anak diberi bekal pendidikan tinggi agar tidak segera menikah sebelum mendapatkan profesi matang. Ketika sudah menikah dan memprogram memiliki anak diberi pemahaman 2 anak cukup.

“Jadi tugas pemerintah mengonstruksi pembangunan sumber daya manusia ini dengan baik. Bagaimana membuat masyarakat pintar, sehat dan daya belinya tinggi,” ujarnya.

Jumadi mencontohkan di Kelurahan Pakunden yang sudah didapuk sebagai kampung KB ini sudah baik di sejumlah bidang. Contohnya pertumbuhan unit ekonomi baru berupa UMKM dari makanan maupun kerajinan dan mempunyai pasar tingkat kelurahan. Serta kesehatan sudah mumpuni dengan puskesmas dan posyandu yang aktif.

“Yang penting mentrigger segera mereplikasi kampung ini di kelurahan atau kecamatan lain. Simplenya Kota Blitar kan lahannya kecil kalau pertambahan anaknya tidak terkendali mau kita kemanakan,” pungkasnya. (jon/adv)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Jelang Mudik Lebaran 1445 H, Polres Pasuruan Kota Laksanakan Patroli Antisipasi Kecurangan SPBU dan Cek Ketersediaan Bahan Bakar

PASURUAN, SMNNews.co.id – Polres Pasuruan Kota melaksanakan patroli bersama dinas Metrologi Kota Pasuruan antisipasi kecurangan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan...

Jelang Berakhirnya Operasi Pekat, Polsek Purwosari Berhasil Amankan Pelaku Penyimpan Bahan Peledak Mercon

PASURUAN, SMNNews.co.id - Unit Reskrim Polsek Purwosari yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Pasuruan AKP Achmad Doni Meidianto, yang didampingi Kapolsek Purwosari AKP Hudi...

Wakapolres Pamekasan Pimpin Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024

PAMEKASAN, SMNNews.co.id - Jelang dilaksanakan Operasi Ketupat Semeru Tahun 2024, Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, dipimpin Wakapolres Pamekasan Kompol Andy Purnomo menggelar rapat koordinasi...