PKK Karo Kampanyekan PHBS pada Anak-anak Petani Kopi

Kampanye PHBS oleh Ketua Tim Penggerak PKK Karo, Sariati Terkelin Brahmana di Bulanjulu / Barusjahe (27/3).
Karo, suaramedianasional.co.id Ketua TP PKK Kabupaten Karo, Sariati Terkelin Brahmana bersama Kadis pendidikan Eddi Surianta Surbakti, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak Hartawaty Br Tarigan,  mengunjungi Desa Bulanjulu Kecamatan Barusjahe untuk mengkampanyekan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
Kegiatan ini dilakukan di SD Bulanjulu dengan  berkerjasama Sturbuck Foundation  international, Lutheran World Relief (LWR) Medan serta Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), Rabu (27/3). “Kita kampanyekan PHBS ini pada siswa SD karena kebiasaan hidup bersih sehat seharusnya dimulai sejak dini,” ujar Sariati.
Meningkatkan derajat kesehatan, menurut Sariati, tidak harus selalu dengan program muluk. Hal-hal sederhana seperti membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun, jika konsisten dikerjakan dampaknya nyata untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat.  “Anak-anak bisa menjadi target untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih. Jika sejak kecil ditanamkan perilaku hidup sehat, anak akan merasa tidak nyaman jika tidak melakukannya,” ujar Sariati.
Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Lutheran World Relief(LWR). Sebuah forum pelaku usaha komoditas kopi. Masyarakat Bulanjulu sendiri mayoritas adalah petani kopi sehingga LWR mendukung penuh kampanye PKK tentang PHBS di lokasi ini. “Anak-anak petani kopi agar selalu menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan,  walaupun kita anak petani, kita tetap berperilaku sehat,” ujar Sariati.
Kadis Pendidikan, Eddi Surianta Surbakti, mengapresiasi program yang diprakarsai PKK Karo ini. “Kesehatan anak-anak juga berperan penting dalam mendorong semangat belajar bagi siswa, tentu saja kami sangat dukung,” ujar Eddi.
Hartawati Tarugan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak, Kabupaten Karo juga mengungkapkan, edukasi kesehatan dengan PHBS perlu dilakukan baik pada siswa, keluarga maupun masyarakat luas. “Jangan dipandang sepele, penerapan PHBS yang konsisten, bisa menjadi pencegah masuknya berbagai penyakit, sehingga hal ini perlu kita dukung bersama,” pungkasnya. (ius)