HomeSUARA DAERAHPlt. Bupati Buka Sosialisasi Jalin Matra 2019

Plt. Bupati Buka Sosialisasi Jalin Matra 2019

Kegiatan ini di buka oleh Plt Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM.

Tulungagung, suaramedianasional.co.id – Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung, Rabu 10 April  2019  berlangsung acara Sosialisasi Jalin Matra ( Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera ).

Kegiatan ini di buka oleh Plt Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM , dan di ikuti sekitar 287 orang  yang berasal dari Camat, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Dinas terkait, Kepala Desa, Ketua Tim Penggerak PKK, Desa, Sekretaris Jalin Matra Desa, Pendamping Desa serta Bendahara Desa dan BPD.

Ketua panitia penyelenggara Drs. Eko Asistono melaporkan bahwa kegiatan Sosialisasi Jalin Matra berlangsung satu hari ini mempunyai maksud dan tujuan alasan kegiatan Sosialisasi (Jalin Matra) Jalan Lain Menuju Masyarakat Mandiri dan Sejahtera untuk memberikan penjelasan, pemahan tentang pedoman umum dan petunjuk teknis Oprasional pelaksanaan program Jalin Matra PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan), PK2 (Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan), BRTSM (Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin) kepada penerima sasaran program sehingga dapat terlaksananya kegiatan Jalin Matra serta dapat mendukung kegiatan pengentasan kemiskinan.

Adapun tujuan yang dicapai melalui sosialisasi ini adalah untuk  Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai prinsip, prosedur, kebijakan, pelaporan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban hasil pelaksanaan Jalin Matra yang bertujuan penanggulangan kemiskinan bagi pelaku program dan masyarakat, Mempercepat proses implementasi program dilapangan.

Eko melanjutkan bahwa hasil yang di harapkan, yaitu Dapat mengurangi beban rumah tangga sasaran program atas kebutuhan keluarga, Meningkatkan modal usaha eknomi produktif, Menguatnya komitmen Pengurus dalam menjalankan dan Pemberdayaan Masyarakat melalui BUMDesa, Terintegrasinya program-program pemerintah yang dilakukan oleh BUMDesa.

Lebih lanjut Eko menjelaskan peserta sosialisasi, Jalin Matra PFK dari Provinsi Jawa Timur tahun 2019 yang mendapat ada 22 Desa di 15 Kecamatan dengan sasaran 347 Rumah tangga Perempuan/sasaran, Jalin Matra PK2 dari Provinsi Jawa Timur tahun 2019 mendapat 4 Desa di 4 Kecamatan, Jalin Matra BRTSM dari Provinsi Jawa Timur tahun 2019 mendapat 7 Desa di 5 Kecamatan, Pendamping Desa Jalin Matra: 66 orang.

Untuk jumlah peserta eko mengatakan bahwa jumlah peserta sebanyak 287 orang, berasal dari, Ketua TP PKK Kabupaten 1 orang, Camat besrta TP PKK Kecamatan 31 orang, Pendamping Desa tingkat Kabupaten 7 orang, Kepala Desa beserta Ketua BPD, Sekretariat Desa dan Ketua BUMDesa dan Bendahara Desa 99 orang.

Sementara itu Plt. Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, MM , antara lain menjelaskan, Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu dari 38 ( tiga puluh delapan) Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang mendapatkan program Jalin Matra, dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur tahun 2018.

Ditambahkan oleh Plt. Bupati Tulungagung, bahwa Permasalahan Kemiskinan merupakan amanah dari Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 kepada Negara dan Pemerintah, kemiskinan identik dengan Ketertinggalan, oleh karena itu dalam rangka penanggulangan kemiskinan, Pemerintah wajib hadir ditengah-tengah orang miskin, agar angka kemiskinan terus menurun. Penanggulangan keniskinan merupakan prioritas utama di Tulungagung agar tidak lagi menanggung beban dan himpitan ekonomi.

Pada kesempatan ini perlu disampaikan bahwa Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu dari 38 (tiga puluh delapan) Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang mendapatkan progam Jalin Matra, dan Pemerintah, Provinsi Jawa Timur Tahun 2019.

Untuk itu atas nama pemerinta Kabupaten Tulungagung menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas kepedulian pihak Pemerintah Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat di Tulungagung, dengan harapan bahwa hasil yang dicapai guna meringankan beban kepada warga miskin dapatnya meningkatkan kegiatan dan usaha bagi kepala rumah tangga sasaran yang pada tahun ini Kabupaten Tulungagung kembali mendapatkan prioritas program Jalin Matra dengan 3 (tiga) jenis yaitu  PFK (Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan), PK2 (Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan), BRTSM (Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin).

Maryoto menjelaskan daana ini nantinya disalurkan melalui  pihak Pemerintah Desa sehingga dalam penyaluran bantuan diberikan dalam bentuk barang yang terlebih dahulu diadakan identifikasi kebutuhan bagi penerima manfaat, sesuai dengan permintaan masing-masing. Juga memberikan bantuan Bantuan berupa Pinjaman Modal dengan jasa yang sangat murah kepada rumah tangga sasaran yang rentan miskin untuk mendukung usaha produktif agar kegiatan usahanya lebih meningkat.

Terakhir Plt. Bupati berpesan setelah disampaikannnya bantuan tersebut, maka penerima bantuan supaya dapat memmanfaatkan, dipelihara dan dilestarikan serta dapatnya dikembangkan semaksimal mungkin sehingga hasilnya dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari, agar terwujud keluarga yang mandiri dan sejahtera sesuai dengan tujuan progran Jalin Matra ini. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Buka Festival Tari Gubang Tingkat SD dan SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sebanyak 14 Tim yang berasal dari jenjang SD dan SMP di Kabupaten Asahan, mengikuti Festival Tari Gubang dengan tema "Melalui Festival...

Bupati Asahan Pimpin Upacara Hari Peringatan Otonomi Daerah

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya BSc memimpin Upacara hari peringatan Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di halaman kantor Bupati Asahan, Kamis (25/04/24)....

GP Ansor Jember Deklarasikan Ketuanya Maju Pilkada Kabupaten

JEMBER, SMNNews.co.id - Jajaran Gerakan Pemuda (GP) Ansor Cabang Jember mendeklarasikan Ketua Ansor Jember, Izzul Ashlah untuk maju dalam kontestasi Pilkada kabupaten Jember 2024,...