Plt Walikota Blitar: Lomba Baris-berbaris Bagian Bela Negara

Plt Walikota Blitar Santoso saat memberangkatkan lomba baris tingkat SD di depan Kantor Walikota Blitar.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Lomba baris-berbaris menyambut HUT RI ke-74, sudah mulai berjalan di Kota Blitar. Dengan hari pertama oleh tingkat SD/MI pada Senin (6/8/2019) yang diberangkatkan langsung oleh Plt Walikota Blitar Santoso.

“Kegiatan baris-berbaris ini dalam rangka menyambut HUT RI ke-74 tahun 2019, dimulai dari baris tingkat SD, kemudian dilanjutkan tingkat SMP yang digelar besok dan lusa untuk tingkat SMA, dilanjutkan tingkat instansi dan umum,” jelas Plt Wali Kota Blitar, Santoso saat ditemui disela-sela kegiatan.

Pihaknya berharap, bisa berpartisipasi dalam rangka menyambut HUT RI ke-74, banyak kegiatan yang dilakukan, seperti yang sudah terpampang di Baliho Aloon-aloon Kota Blitar, dengan harapan masyarakat bisa melihat beberapa agenda yang diselenggarakan Pemkot Blitar,” papar Santoso.

Lebih lanjut, Santoso menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari disiplin, patuh dan tertib yang bisa diawali dari baris-berbaris yang bisa membentuk karakter pada anak.

Santoso juga menambahkan, untuk baris-berbaris tingkat umum nanti, pihaknya berpesan dalam menggunakan kostum jangan yang aneh-aneh. “pakailah pakaian yang rapi dan bagus sehingga masyarakat menjadi terhibur, tetapi bukan dihibur secara aneh-aneh, seperti kostumnya tidak sopan.

Untuk itu, Santoso berpesan, ikutilah kegiatan tersebut dengan tata tertib yang sudah ditentukan oleh panitia, seperti jumlah totalnya, tidak boleh mendahului peserta lainnya, sehingga disitu akan tertib sesuai dengan peraturan panitia. “melalui kegiatan ini, bisa dikatakan menerapkan disiplin dan itu merupakan bagian dari bela negara,” pungkasnya.

Lomba baris-berbaris tingkat SD/MI yang diikuti 186 pleton dan per-pleton terdiri 16 orang tersebut, langsung diberangkatkan oleh Plt Wali Kota Blitar, Santoso dengan mengibarkan bendera start disaksikan sejumlah kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Blitar. (jon)