HomeJAWA TIMURBLITARPlt Walikota Santoso Berterima Kasih KPK Bantu Pencegahan Korupsi di Kota Blitar

Plt Walikota Santoso Berterima Kasih KPK Bantu Pencegahan Korupsi di Kota Blitar

Plt Walikota Blitar Santoso memberikan cindera mata kepada Wakil Ketua KPK Alexander Marwata yang menggelar roadshow pencegahan korupsi di Kota Blitar.

Blitar, SMNNews.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi dalam roadshow Jelajah Bangun Negeri Antikorupsi telah sampai di Kota Blitar pada Jumat (13/9/2019) di Balai Kusumo Wicitro Kota Blitar. Disini banyak hal yang disampaikan KPK tentang pencegahan korupsi di berbagai lapisan masyarakat Kota Blitar.

Di hari kedapatan pertama ini KPK disambut langsung oleh Plt Walikota Blitar Santoso. Di sini Santoso mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih kepada KPK telah memilih Kota Blitar sebagai daerah kunjungan roadshow.

Sebab acara ini penting guna menciptakan pemerintahan yang bersih tanpa korupsi. Seperti yang ditegaskan Presiden RI Joko Widodo bahwa pemberantasan korupsi idealnya mengutamakan pencegahan.

“Roadshow KPK membangun negeri tanpa korupsi ini menjadi bukti nyata pemberantasan korupsi mengutamakan pencegakan. Maka dari itu saya pribadi dan masyarakat mengapresiasi KPK menetapkan kota Blitar sebagai lokus kegiatan,” ungkap Santoso.

Seperti dalam rangkaian kegiatan hari itu, KPK melakukan sosialisasi pencegahan korupsi. Sasarannya mulai dari siswa SD, SMP, SMA/SMK, hingga mahasiswa perguruan tinggi di Blitar dilibatkan dalam kegiatan ini.

Materinya pun disesuaikan dengan usia, misal kepada anak SD, KPK memberikan pentingnya untuk berani jujur. Meski kita melakukan kesalahan harus disampaikan dengan jujur tidak perlu takut. Sebab kejujuran ini merupakan dasar utama menghindari korupsi itu sendiri.

“Kegiatan KPK kali ini sangat bagus. Masyarakat bisa mengenal dekat KPK lebih komprehensif tugas dan profilnya. Dan point terpenting adalah membangun aspek nilai nilai dan integritas anti korupsi perlu ditanamkan ke masyarakat sejak dini,” ujar Santoso.

Lanjut Santoso, Pemerintah Kota Blitar sendiri siap dan sepakat menyusun program antikorupsi. Dengan fokus perbaikan sistem pengadaan barang jasa transparan, perizinan one way sistem, dan penginteregrasian e-planning dan e-budgeting agar menghindari tindakan mark-up.

Sementara Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata yang hadir saat itu menjelaskan kalau tujuan roadshow ini adalah pencegahan korupsi di pemerintahan dan menyosialisasikan ke masyarakat kalau korupsi itu adalah musuh bersama.

KPK di sini melihat semua pelayanan publik yang dimiliki oleh pemerintah kota Blitar. Disini semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendirikan stan khusus taman Kebon Rojo memamerkan tata cara pelayanan kepada tim KPK.

“Target roadshow ini pelayanan publik lebih baik. Masyarakat semakin menyadari korupsi musuh masyarakat agar tidak ada kejadian di masa lalu,” kata Alexander Marwata.

Selanjutnya wakil ketua KPK itu meminta semua lapisan masyarakat ikut mengawasi berjalannya korupsi. “Jangan pengawasan kita serahkan ke inspektorat. Masyarakat juga harus mengawasi sebab sudah kita rasakan semua dampak korupsi pada pembangunan yang tidak benar,” pungkasnya. (jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...