HomeBERITAPolres Kendal Bersama Elemen Masyarakat Tolak Unjuk Rasa Anarkis

Polres Kendal Bersama Elemen Masyarakat Tolak Unjuk Rasa Anarkis

Polres Kendal Bersama Elemen Masyarakat Tolak Unjuk Rasa Anarkis.

KENDAL, SMNNews.co.id – Polres Kendal bersama semua Elemen Masyarakat Bersatu, Guna menjaga situasi yang tetap aman dan kondusif, di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Deklarasi menolak aksi unjuk rasa anarkis. Sikap tegas ini diambil menyikapi terjadinya aksi unjuk rasa yang berbuntut perilaku anarkis saat demo menolak Undang-Undang Cipta Kerja (Omnibus Law) beberapa waktu belakangan ini di sejumlah wilayah di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Mapolres Kendal, Senin (19/10/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kendal, Ketua FKUB Kendal, Ketua MUI Kabupaten Kendal, Ketua Dewan Buruh Kabupaten Kendal, serta diikuti berbagai ormas; diantaranya Ketua PCNU, Ketua Muhammadiyah, Ketua LDII, Ketua GP Ansor Kendal, Ikatan Mahasiswa Kendal, PSHT Cabang Kendal, Lindu Aji, perwakilan Kepala Sekolah tingkat SMA/SMK sederajat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Kendal.

Dalam amanatnya, Kapolres Kendal, AKBP Ali Wardhana, S.H. S.I.K., M.M., menyampaikan bahwa saat ini perihal disahkannya UU Cipta Kerja menuai berbagai pro dan kontra di kalangan masyarakat sehingga menyebabkan buruh atau pekerja dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa.

“Kegiatan deklarasi menolak aksi anarkis unjuk rasa ini dilaksanakan karena kita ketahui bersama bahwa di beberapa kota besar di Indonesia, aksi unjuk rasa yang dilaksanakan menimbulkan aksi anarkis yang mengakibatkan rusaknya fasilitas umum. Dengan aksi anarkis tersebut, banyak masyarakat yang terganggu dan tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya,” tutur Kapolres Kendal.

Kapolres Kendal berharap dengan diadakannya deklarasi damai tersebut tidak hanya sebatas ucapan semata, namun bisa diterapkan dalam kegiatan nyata. Sehingga Kabupaten Kendal akan senantiasa aman, nyaman dan kondusif.

Berikut isi pernyataan Deklarasi Menolak Aksi Anarki dibacakan oleh Sudarmaji yang merupakan Ketua SPPI (Serikat Pekerja Pos Indonesia) yang diikuti oleh seluruh peserta. Deklarasi tersebut berisi:

Kami Dari Elemen Pemerintahan, Pendidikan, Buruh, Agama, Pemuda, Masyarakat dan Mahasiswa Kendal Menyatakan :

1. Menolak segala bentuk aksi anarkisme dan vandalisme dalam setiap kegiatan aksi unjuk asa.

2. Berkomitmen untuk menciptakan situasi dan kondisi Kabupaten Kendal yang aman dan kondusif.

3. Bersama-sama menjaga dan melindungi aset pemerintah serta fasilitas umum Lainnya.

4. Bersama-sama mencegah penyebaran berita hoaks, provokasi, dan berita yang mengandung isu SARA.

5. Berkomitmen menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah dan memutus penyebaran covid-19 di Kabupaten Kendal.

Di sisi lain, Bupati Kendal, yang diwakili oleh Sekda Kendal, Moh. Toha, menyambut baik atas dilaksanakannya kegiatan deklarasi tersebut. Karena kegiatan tersebut bisa menjadi upaya untuk menyikapi situasi politik yang saat ini cukup memanas yang disebabkan oleh pengesahan UU Cipta Kerja yang menuai berbagai reaksi dari masyarakat.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan situasi di Kabupaten Kendal dapat selalu kondusif, nyaman, aman, dan dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain,” ungkap Sekda Kendal. (S11)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...