HomeBERITAPolresta Banyuwangi Gelar Rakor Percepatan Penanganan PMK

Polresta Banyuwangi Gelar Rakor Percepatan Penanganan PMK

Wakil Bupati, H. Sugirah saat memberikan sambutan dalam Rakor Percepatan Penanggulangan PMK

Banyuwangi, SMNNews.co.id – Kapolresta Banyuwangi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi menggelar rapat koordinasi (rakor) di Aula Rupa Tama Wirapratama Polresta Banyuwangi, Kamis (2/6/2022).

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Foury Millewa, serta dihadiri Wakil Bupati Banyuwangi, H. Sugirah, Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Kav Eko Juliantor Ramadan, Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Ansori, serta seluruh instansi terkait.

Dalam Rakor juga membahas langkah-langkah strategis agar wabah PMK tidak meluas ke Kabupaten Banyuwangi.

Menjelang Hari Raya Idul Adha Pemerintah Kabupaten Banyuwangi harus memastikan hewan kurban dalam keadaan aman dan sehat khususnya tidak terkena penyakit PMK.

“Meski belum ditemukan adanya PMK di Kabupaten Banyuwangi, berbagai kegiatan preventif memang harus terus dilakukan. Baik mulai penyekatan maupun pembatasan hewan yang masuk ke wilayah Kabupaten Banyuwangi,” ujar Wabup Banyuwangi, H. Sugirah.

Sugirah juga mengatakan, jika pencegahan dengan melakukan monitoring di tingkat Kecamatan. Makanya semua stakeholder terkait harus melakukan pencegakan dan melakukan upaya strategis.

“Kita harap semua bersama-sama berupaya dalam melakukan pencegahan, baik petugas kesehatan dari Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, maupun TNI-Polri,” katanya.

Wabup Banyuwangi berharap jika semua upaya dilakukan untuk membuat para peternak terutama ternak sapi tidak mengalami kepanikan dan dapat menyelamatkan peternak khususnya di Kabupaten Banyuwangi. “Menjelang Hari Raya Idul Adha ini, semua sektor keamanan maupun tim kesehatan hewan harus bersama-sama dalam melakukan monitoring ataupun memantau kesehatan hewan yang dijual para pedagang,” ungkapnya.

Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Foury Millewa saat memberikan sambutan dalam Rakor Percepatan Penanggulangan PMK

Sementara itu Kapolresta Banyuwangi, AKBP Deddy Foury Millewa mengatakan, jika pihaknya mendukung penuh upaya percepatan penanganan PMK. Seluruh aparat kepolisian Polresta Banyuwangi hingga Polsek jajaran akan ditugaskan untuk melakukan pemantauan hingga ke tingkat desa.

”Adanya ternak dari Bali yang hendak masuk ke Banuuwangi ini, memang cukup menjadi perhatian semuanya. Makanya, semua harus meningkatkan keamanan baik di perbatasan maupun di pelabuhan,” katanya.

Kapolresta Banyuwangi menegaskan, pihaknya juga akan melakukan pengawalan terhadap petugas kesehatan hewan. Bahkan, kami akan melakukan operasi pasar bersama-sama untuk memantau penyebaran PMK di Kabupaten Banyuwangi.

“Kita akan melakukan operasi pasar, meski penyakit PMK tidak menular ke manusia. Namun, kita berharap para peternak tidak panik adanya penyebaran PMK,” tegasnya. (rica)

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...