HomeJAWA TIMURSAMPANGGelar Musrenbang, Kecamatan Jrengik Prioritaskan Pembangunan Ekonomi

Gelar Musrenbang, Kecamatan Jrengik Prioritaskan Pembangunan Ekonomi

Forkompimca Jrengik Kabupaten Sampang, saat Musrenbangcam, Senin (25/2)

Sampang, suaramedianasional.co.id – Pemerintah Kabupaten Sampang terus melakukan upaya pembangunan disegala bidang untuk mewujudkan misi dan visinya sebagai pelayan masyarakat. Soetiap tahunnya, masih banyak indikator-indikator pembangunan yang masih belum tercapai maksimal dan terus menjadi prioritas utama. Sehingga tidak salah bila Pemkab Sampang lebih memprioritaskan peningkatan pelayanan dasar publik terhadap masyarakat dan juga penanggulangan bencana dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) RKPD tahun 2020 di aula Kecamatan Jrengik Sampang, Senin (25/2).
Acara yang dihadiri oleh anggota forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) bersama organisasi perangkat daerah (OPD), kepala desa, tokoh masyarakat ini juga menekankan pada arah pembangunan daerah yang akan dicapai. Pembangunan yang berkesinambungan dan berkelanjutan akan menjadi tonggak utama dalam mencapai masyarakat yang sejahtera menuju sampang yang hebat bermartabat.
Indikator ini terus menjadi perhatian utama dalam setiap perencanaan pembangunan kedepan. Seperti yang disampaikan oleh Bupati Sampang H Slamet Junaidi dalam Musrembang 2020. Tahun 2020 mendatang, pembangunan sampang lebih dioptimalkan dengan lebih mengutamakan pembangunan yang berdampak langsung terhadap masyarakat. “Sehingga visi kabupaten sampang demi tercapainya kabupaten sampang yang hebat bermartabat bisa tercapai maksimal,” ujarnya dalam pidatonya.
Bupati juga menjelaskan masih banyak permasalahan yang terjadi terhadap pembangunan daerah. Dimana permasalahan itu meliputi meningkatnya angka tingkat pengangguran terbuka (TPT), masih terbatasnya aksesibilitas dan kualitas infrastruktur dasar dan juga masih rendahnya angka indeks pembangunan manusia (IPM). “Sehingga dari permasalahan ini, pemerintah terus mengoptimalkan pembangunan yang ada. Nantinya yang akan mengarah pada pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat sampang pada khususnya,” jelasnya.
Sementara, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencara secara efektif dan berkelanjutan, pengembangan ekonomi berbasis potensi lokal dan juga pemberdayaan masyarakat dan penguatan kelembagaan masyarakat desa. Terhadap semua rencana pembangunan tersebut tidak lepas dari keikutsertaan masyarakat dalam pembangunan. “Partisipasi masyarakat sangat berperan penting dalam pencapaian target pembangunan daerah kedepan. Pemerintah daerah terus mengharapkan adanya kerja sama yang baik dengan masyarakat. Pemerintah tidak akan berhasil bila tidak ada dukungan dan partisipasi yang baik dari masyarakat untuk membangun daerah,” ujarnya.
Hal yang sama pula disampaikan oleh Wakil ketua DPRD Sampang Fauzan Adima. Dalam sambutannya pihaknya hanya menekankan pentingnya konsekuensi terhadap RPJMD yang sudah disepakati bersama. Sehingga tujuan yang selaras dengan visi dan misi pemerintah daerah bisa terwujud. “Jangan sampai melenceng dari RPJMD yang sudah disepakati bersama,” ujarnya singkat. (why)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...