Puluhan Ribu Susu Rusak, KPU Tetap Optimis Distribusi Logistik Sesuai Target

KPU Ngawi kejar target pelipatan dan pendistribusian surat suara jelang Pemilu serentak 2019.

Ngawi, suaramedianasional.co.id – Pelipatan dan penyortiran surat suara (susu) yang dilakukan KPU Kabupaten Ngawi menemukan puluhan ribu lembar susu telah rusak. Susu yang rusak  sebanyak 59.544 lembar, meliputi untuk pemilihan capres/cawapres, DPD, DPRD kabupaten, DPRD provinsi maupun DPR RI. “Langkah kita ya mengirim berita acara ke KPU RI agar seger diberikan ganti,” ungkap Syamsul Wathoni, Ketua KPU Ngawi.

Kerusakan yang terjadi itu untuk susu capres/cawapres sebanyak  6.426 lembar, DPD RI sebanyak 4.994 lembar, DPR RI sebanyak 6.228, DPRD provinsi sebanyak 5.110 lembar dan DPRD kabupaten sebanyak 36.786 lembar. “Jenis kerusakan juga beragam, yang terbanyak karena gambar kabur maupun ukuran cetakan tidak simetris,” kata Toni, sapaan akrab Ketua KPU Ngawi ini.

Walau banyak kerusakan, packing atas susu tetap dilakukan bahkan mulai dilakukan proses pengiriman surat suara ke tingkat kecamatan sejak Minggu, khususnya untuk susu capres-cawapres. Surat suara lainnya akan menyusul dikirimkan.

Walau ada kendala puluhan ribu susu banyak yang rusak, namun KPU Ngawi tetap optimis pendistribusian surat suara ke PPK, PPS/KPPS akan tetap sesuai jadwal. Target KPU sendiri, sampai semalam menjelang coblosan, logistik sudah  harus tiba di tingkat KPPS. (ari)