HomeJAWA TIMURBLITARPuskesmas Sukorejo Kota Blitar Manfaatkan DBHCHT untuk Belanja Alat Kesehatan dan Penanganan...

Puskesmas Sukorejo Kota Blitar Manfaatkan DBHCHT untuk Belanja Alat Kesehatan dan Penanganan Covid-19

drg Wisma Yaniar, Kepala Puskesmas Sukorejo.

BLITAR, SMNNews.co.id – Terhitung dari beberapa puskesmas yang ada di Kota Blitar, Puskesmas Sukorejo juga mendapatkan sokongan alokasi dana dari DBHCHT pada tahun ini.

Selama pandemi, anggaran tersebut sangat bermanfaat untuk kegiatan dan pengadaan barang penunjang Puskesmas untuk menangani dan membantu masyarakat dalam bidang kesehatan pada musim pandemi Covid-19.

Adapun jumlah bantuan dari DBHCHT sebesar Rp. 33,7 Juta. Dana tersebut dimanfaatkan oleh Puskesmas Sukorejo untuk dibelanjakan sebagai pengadaan alat kesehatan, seperti sosialisasi pembuatan publikasi video, pembelanjaan alat kesehatan dan bahan gigi, pembelian alat-alat Pem (stik gula darah, asam urat, kolesterol, tensimeter, dll), untuk belanja masker, obat, bahan kimia termasuk hand sanitizer. Disampaikan oleh Kepala UPTD Puskesmas Sukorejo drg. Wisma Yuniar di ruang kerjanya, Sabtu (27/11/2021).

“Untuk anggaran DBHCHT begitu kami terima langsung kami gunakan untuk kebutuhan pengadaan seperti Alat Pelindung Diri (APD), bahan kimia, sarung tangan, masker dan barang habis pakai lainnya,” Kata drg. Wisma Yuniar.

drg. Wisma Yuniar juga mengatakan, Puskesmas Sukorejo membentuk Pandu PTM Cemara (Pelayanan terpadu penyakit tidak menular. Red) untuk peningkatan pelayanan kesehatan. Alokasi dana Cukai tersebut juga dipergunakan untuk kegiatan kasus stunting di Kota Blitar akibat dampak covid-19.

“Kita tahu akibat ini jumlah pendapatan masyarakat menurun sementara untuk kebutuhan kesehatan masyarakat meningkat tajam sehingga UPTD Puskesmas Sukorejo harus mengalihkan anggaran ke pelayanan pemeriksaan yang diadakan di Pos PPKM Mikro. Kami juga manfaatkan anggaran DBHCHT ini untuk kegiatan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Pos PPKM Mikro, dan sesuai tupoksi kami yakni kesehatan kita maksimalkan anggaran DBHCHT untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Lanjutnya, terkait dana anggaran tersebut pada UPTD Puskesmas Sukorejo menjelang akhir tahun pada akhir bulan November sudah menyerap sekitar 80 persen. Dan sebelum penutupan dana anggaran dari Pemerintah, anggaran itu sudah terserap semua. (adv)

Penulis: DANI ELANG SAKTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Pangdam V/Brawijaya Bersama Ketua Persit KCK Lakukan Kunjungan Kerja ke Kodim 0811 Tuban.

TUBAN, SMNNews.co.id - Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD V/Brawijaya, Evy Nurchahyanto, melakukan kunjungan kerja ke Kodim 0811/Tuban,...