Ratusan Juta Dana Progam Jalin Matra Terkucur ke Ngawi

Kepala DPMD Kabupaten Ngawi saat sosialisasi tentang Jalin Matra.

Ngawi, suaramedianasional.co.id – Kabupaten Ngawi kembali menerima bantuan program Jalan Lain Menuju  Mandiri dan Sejahtera atau biasa disingkat Jalin Matra, dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Menurut Kabul Tunggul Winarno, Kepala DPMD Kabupaten Ngawi, jumlah dana Jalin Matra yang diterima di Ngawi jauh menurun daripada tahun lalu.

Teknis pelaksanaan Program Jalin Matra itu sendiri, juga hanya dua jenis yakni Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2)  dan Bantuan Rumah Tangga Sangat Miskin (BRTSM). Program PK2 akan memberikan stimulan dana ke Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) agar bisa digulirkan sebagai pinjaman lunak ke masyarakat miskin agar mereka bisa memiliki modal untuk melakukan atau mengembangkan usaha.

Tahun ini, dana PK2 diterima di Desa Sawo, Ploso Lor, Campurasri dan Puhti di Kecamatan Karangjati serta  Desa Waruktengah di Kecamatan Pangkur. Masing-masing BUMDesa akan diberi dana program sebesar Rp 100 juta, dengan rincian penggunaan biaya operasional kegiatan senilai Rp 10 juta, dana sektor riil yang dapat dikembangkan BUMDesa sebesar Rp 30 juta dan dana stimulan untuk digulirkan ke masyarakat miskin sebesar Rp 60 juta. “Patut disyukuri karena pola PK2 tahun ini tak hanya memberi pinjaman modal ke masyarakat namun ada dana untuk pengembangan usaha sektor riil atas nama BUMDesa sendiri,” ujar Kabul.

Sedangkan BRTSM secara teknis dilaksanakan dengan langsung menyentuh kepentingan warga miskin sebagai penerima bantuan. Bantuan yang diberikan berupa modal usaha sesuai potensi yang dimiliki, senilai Rp 2,5 juta per rumah tangga sasaran.  “Tahun ini BRTSM berlokasi di Desa Danguk Kecamatan Karangjati dan Desa Karangtengah Prandon Kecamatan Ngawi, total 74 sasaran atau senilai Rp 216 juta lebih,” ungkap Kabul. (ari)