HomeKISI-KISIRatusan Pelajar SMAN 16 Surabaya Dibekali Wasbang oleh Dandim Surabaya Timur

Ratusan Pelajar SMAN 16 Surabaya Dibekali Wasbang oleh Dandim Surabaya Timur

Dandim 0831/Surabaya Timur, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, S. Sos, M. I, Pol

Surabaya, suaramedianasional.co.id – Dandim 0831/Surabaya Timur, Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, S. Sos, M. I, Pol, berkomitmen untuk terus mewujudkan generasi penerus yang berkarakter, serta berjiwa patriotisme dan nasionalisme di wilayah tugasnya.

Itu dibuktikan oleh almamater Akademi Militer tahun 2001 melalui sosialisasi wawasan kebangsaan yang diikuti oleh ratusan para pelajar SMAN 16 Surabaya. Selasa, 16 Juli 2019.

“Wawasan kebangsaan merupakan konsepsi maupun cara pandang yang dilandasi atas kesadaran diri sebagai warga suatu negara (NKRI, red) akan diri dan lingkungannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Selain pembekalan wasbang, para pelajar itu juga dibekali dengan pemahaman terhadap bahaya radikalisme, terorisme hingga bahaya narkotika.

“Pengaruh paham radikalisme dan terorisme saat ini, menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa. Untuk itu, sangat diperlukan adanya kesadaran diri dari seluruh komponen bangsa Indonesia,” bebernya.

Pelajar, kata Dandim, merupakan simbol Agent of Change yang nantinya akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa. Oleh karena itu, imbuhnya, penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme hingga bela negara, sangat penting untuk dilakukan.

“Untuk itu, marilah kita terapkan nilai-nilai Pancasila sebagai aspek kehidupan. Pancasila, merupakan ideologi bangsa Indonesia yang memiliki keududkan sangat penting. Sehingga, semua warga negara Indonesia wajib mengerti dan memahami apa itu arti dan makna Pancasila,” tegas Letkol La Ode. (*)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...