HomeJAWA TIMURBLITARRayakan May Day Bupati Blitar Ajak Masyarakat Jalan Sehat

Rayakan May Day Bupati Blitar Ajak Masyarakat Jalan Sehat

Bupati Blitar Rijanto memberikan hadiah pada warga yang mengikuti jalan sehat peringatan May Day.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Setiap tanggal 1 Mei, seluruh dunia merayakan International Workers Day, atau Hari Buruh Internasional yang dikenal dengan istilah May Day.

May Day juga merupakan hari yang penuh protes, demonstrasi, dan kerusuhan para pekerja. Namun kali ini, Rabu (1/5/209) Pemerintah Kabupaten Blitar sangat tepat untuk mengalihkan perhatian tersebut dengan menggelar acara jalan sehat dan donor darah.

Mengambil tema ” May Day Together We Grow ” acara tersebut dipusatkan di alon – alon kantor Pemkab Blitar di Kanigoro yang diikuti lebih dari 2000 peserta jalan sehat, yang terdiri dari karyawan perusahan swasta maupun BUMN, pegawai/karyawan RSUD/RS Swasta, anggota dari kepolisian Polres/Polresta Blitar, anggota TNI serta PNS lingkup Pemkab Blitar.

Dalam Sambutanya Bupati Blitar Drs. H Rijanto MM mengatakan, Hari Buruh ini awalnya adanya aksi mogok kerja para buruh yang terjadi di lapangan Haymarket, Chicago, Illinois, Amerika Serikat (AS) pada April 1886, dimana ratusan ribu kaum pekerja/buruh berdemonstrasi menuntut pemberlakuan kebijakan delapan jam kerja sehari.

“Pekerja atau buruh awalnya dalam per hari bekerja selama 22 jam. Dengan aksi tersebut menjadi 8 jam per hari,” ungkap Rijanto.

Sedangkan untuk Indonesia, Sebagai penghargaan kepada buruh di Indonesia Presiden RI keenam Suslio Bambang Yudhoyono telah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2013 tentang Penetapan Tanggal 1 Mei sebagai Hari Libur Nasional pada 29 Juli 2013.

“1 Mei Pemerintah Pusat melalui Keppres dinyatakan hari libur nasional. Dengan harapan, hari libur nasional ini diikuti pemerintah daerah supaya mengadakan kegiatan – kegiatan sosial agar tercipta suasana kondusif,” tambahnya.

Sedangkan menurut Kapolres Blitar AKBP Anissullah M. Ridha, tidak adanya aksi – aksi pergerakan dari parah buruh untuk berunjuk rasa, pihaknya sangat merasa bersyukur atas kondusifitas wilayahnya. Selain itu, Kapolres juga berharap masyarakat bisa merubah mind set atau pandangan terkait peringatan hari buruh.

“Setiap peringatan hari buruh, biasanya ribuan pekerja turun ke jalan sampai memacetkan lalu lintas. Hari ini berubah, hari buruh menjadi hal yang sehat dan bahagia seperti pagi ini,” kata Anis.

Masyarakat harus membangun kesan bahwa May Day menjadi kegiatan yang positif. “Makanya konsep kali ini sangat tepat, selain sehat kita juga bahagia dengan adanya hiburan musik,” tandasnya. (hms/jon)

ARTIKEL LAINYA

BERITA LAINYA

Bupati Asahan Resmikan Kantor DPD IPK Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Bupati Asahan H. Surya, BSc meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) Asahan yang berada di Komplek Graha...

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Gelar Halal Bihalal dan Buka Pendaftaran Cabup dan Cawabup 2024

BLITAR, SMNNews.co.id - Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten...

Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 Mulai Disosialisasikan, Ini Kata Pj Bupati Jombang!

JOMBANG, SMNNews.co.id - Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pendataan PBB-P2 Tahun 2024 di pendopo Kabupaten Jombang pada Selasa...