Relasi Ajak Pengemudi Ojol Jangan Golput

Sosialisasi relasi basis netizen bersama para pengemudi Grab, Sabtu (15/3).
Ngawi, suaramedianasional co.id –  Relawan Demokrasi (Relasi) hasil rekruting KPU terus bergerak menyampaikan ajakan untuk mensukseskan Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang. Hal ini juga dilakukan anggota Relasi basis netizen dengan bersosialisasi di tengah pertemuan para pengemudi ojek online Grab, Jl Raya Solo, Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Sabtu (16/3).
 “Kita gunakan hak suara kita menentukan DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD dan memilih presiden-wakil presiden sekaligus,” ujar Andik Ari Wibowo, salah satu anggota Relasi.
Kesibukan sebagai pengemudi ojol, kata Andik, jangan sampai menjadi halangan untuk datang ke TPS dan mencoblos pilihan.
Para pengemudi ojek online sendiri mengaku masih banyak yang belum mengerti mengenai sistem Pemilu 2019. Pada banyak hal mereka tampak sangat antusias mendiskusikan dengan relawan. “Saya ingin mencoblos di Ngawi saja tetapi hak pilih saya ternyata di Gresik, saya baru tahu bahwa bisa pindah memilih,” ujar Salamun, salah satu pengemudi ojol.
Relasi juga memberikan beberapa pertanyaan dengan memberi ganti souvenir mulai dari masker, sarung tangan sampai helm.
Para pengemudi ojol ini rata-rata mengaku kebingungan membedakan warna surat suara, belum tahu mengenai tata cara sah mencoblos serta banyak yang belum mengetahui nama-nama caleg maupun DPD. “Mengingat pentingnya Pemilu, kami nanti sekeluarga pasti akan ke TPS,” ungkap Rizal, tuan rumah acara ini. (ari)