HomeBERITARelawan dan Pegiat Budaya Menggelar Kemah Budaya

Relawan dan Pegiat Budaya Menggelar Kemah Budaya

Kegiatan kemah budaya dengan tema membumikan Pancasila di Desa jambewangi, kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi, Sabtu – minggu (25-26)

Banyuwangi, SMNNews.co.id – Dihadiri 150 peserta serta 13 komunitas juga para pecinta dan pegiat budaya menggelar kemah budaya dengan tema membumikan Pancasila di Desa jambewangi, kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi, Sabtu – minggu (25-26).

“Kemah budaya merupakan program relawan peduli sumgai setail dihadiri 150 peserta dengan beberapa narasumber, Ludiro (tokoh budaya Sempu), Nanang selamet, Sonny T Danaparamita (anggota DPR RI), I Made Cahyana Negara (Ketua DPRD Banyuwangi),” ujar Rian selaku ketua panitia.

“Sebetulnya ini kegiatan dalam memperingati bulan bung karno, jadi kita adakan kemah budaya ini dengan tema membumikan pancasila agar masyarakat lebih peduli terhadap cagar budaya serta isi pancasila,” terang Rian.

Rian juga menjelaskan, kemah budaya digelar dengan melibatkan generasi millenial, tujuannya untuk meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap kelestarian cagar budaya dan nilai dasar pancasila.

“Nah kami mengajak gerasi millenial yang lebih peduli bahwa cagar budaya ini hal yang wajib dan harus kita dilestarikan,” jelasnya.

Sementara Salah satu anggota DPR RI, Sonny T Danaparamita sekaligus narasumber Sonny, mengajak para peserta untuk membumikan nilai-nilai Pancasila untuk berdiri kokoh dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Pegiat budaya dan Relawan serta Narasumber saat berdiskusi tentang Pancasila

“Jadi tugas kita sekarang adalah benar-benar harus membumikan nilai-nilai Pancasila untuk berdiri kokoh dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia,” kata sonny.

Selain itu, peringatan Hari Lahir Pancasila untuk mengenang kembali jasa Soekarno (Presiden RI pertama) sebagai pencetus Pancasila.

Menurutnya, Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi Indonesia berperan sebagai dasar kehidupan serta pedoman hidup bersama bagi seluruh bangsa Indonesia.

Menurut ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana yang juga hadir dalam acara kemah budaya tersebut menyampaikan, Presiden juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk benar-benar mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila.

“Mari kita implementasikan nilai – nilai Pancasila dalam tata kelola pemerintahan serta interaksi antar sesama anak bangsa. Ini tugas kita bersama untuk menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia,” ujar Made.

Kita berharap kedepan tidak hanya sebatas kegiatan seremonial saja, setelah ini ada aksi lanjutan dan nyata dari generasi millenial untuk bisa melestarikan cagar budaya dengan caranya kunjungi, lindungi, lestarikan, pungkanya. (rica)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

BERITA LAINYA

Bupati Pasaman Lepas Lomba Gerak Jalan Santai

PASAMAN, SMNNews.co.id - Bupati Pasaman H. Benny Utama diserbu ribuan murid SD, Sabtu (13/8) pagi di halaman Kantor Bupati Pasaman. Telapak tangan bupati sempat...