HomeBERITARelawan Undang Jokowi Untuk Hadir Agenda 45 di Jombang

Relawan Undang Jokowi Untuk Hadir Agenda 45 di Jombang

Presiden Jokowi (Sumber : Biro Pers Sekretariat Presiden)

JAKARTA, SMNNews.co.id – Relawan Seknas Jokowi bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat. Relawan mengundang Jokowi untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang disebut Agenda 45 di Jombang, Jawa Timur.

“Kita minta beliau hadir di Jombang, tapi mengingat suasana sekarang dengan ada krisis ekonomi, BBM naik, kita serahkan kepada Presiden untuk mencari waktunya,” kata Ketua Umum Seknas Jokowi Rambun Tjajo, Senin (12/9/2022). dikutip dari news.detik.com.

Dalam pertemuan tersebut, Rambun didampingi oleh Jokowi Ismarilda, Wakil Ketum Seknas, Sidarto Danoesoebroto, Ketua Dewan Pembina Seknas, dan lainnya.

Baca Juga : Mahfud MD Akui Hacker Bjorka Membocorkan Data Resmi Pejabat Pemerintah!

Rambun mengatakan, dirinya dan Seknas Jokowi juga memberikan informasi dalam pertemuan tersebut agar masyarakat bisa dilibatkan dalam berbagai proses pengambilan keputusan.

“Bagaimana kami terus-menerus memberikan ide-ide dan duduk bersama-sama pemerintah, membangun satu cara mekanisme di mana rakyat bisa terlibat dalam proses pengambilan keputusan, termasuk dalam rencana-rencana jangka panjang,” kata Rambun.

Rambun mengatakan setidaknya ada dua aspek yang sangat penting ketika membahas rencana jangka panjang yang harus melibatkan masyarakat. Hal ini terkait dengan ketahanan energi dan ketahanan pangan.

Menurut Rambun, kedua aspek tersebut akan mencakup berbagai aspek lainnya dan nantinya menjadi salah satu pembahasan utama dalam Agenda 45 Jombang.

“Tadi Pak Jokowi juga sangat concern, misalnya, kita sudah sampai tahap swasembada berat, tapi yang enggak kita lihat bagaimana petani mendapat manfaat setelah pascapanen,” ucap Rambun.

Rambun menganggap ini sebagai salah satu masalah besar yang sudah berlangsung lama.

“Ini salah satunya akan jadi fokus kita, bagaimana nilai tambah itu juga diperoleh. Dengan adanya teknologi, ilmu pengetahuan, kita bisa memperbaiki pendapatan para produser, penghasil seperti petani dan nelayan, jadi nilai lebih bukan hanya dirasakan oleh supply chain maupun perusahaan multinasional dan swasta,” ujarnya.

Rambun mengatakan salah satu hal penting yang disampaikan presiden dalam pertemuan tersebut terkait dengan keberlanjutan program-program yang telah ditetapkan oleh pemerintahan saat ini.

Menurut Rambun, Presiden Jokowi meyakini Indonesia akan menjadi negara semi maju jika program program tersebut terus dilakukan.

Baca Juga : Prof. Azra : Kualitas Demokrasi Indonesia Perlahan Menurun!

“Jadi ini sebenarnya yang harus kita bersama-sama mengawal, bukan soal orangnya, tapi soal programnya. Bahwa kita jangan sampai pemerintah ganti pemimpin ganti program, sehingga kita hanya bergerak di tempat,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah ibu kota nusantara (IKN) akan menjadi agenda konferensi, Rambun menjawab tidak.

Namun IKN Nusantara telah menjadi salah satu program strategis pemerintah, sehingga ia yakin semuanya akan berjalan sesuai rencana.

“Kalau itu kan memang salah satu program strategik pemerintah ya. Jadi ya itu akan berjalan sesuai dengan rencana, mempertimbangkan tentunya kondisi ekonomi kita yang sekarang sedang cukup berat ya di tengah situasi dunia yang seperti ini,” katanya. (red)

Temukan Berita Menarik Lainya Disini GOOGLE News !!

ARTIKEL LAINYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA

Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan Peringatan Nuzulul Quran 1445 H/2024 M

BLITAR, SMNNews.co.id - Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine dan memperingati Nuzulul Al Quran 1445 H/2024 M SD dan SMP se-Kabupaten...

Jelang Idul Fitri, Bank Indonesia Perwakilan Malang Raya Salurkan Uang Baru Sebanyak 4,69 Triliun

KOTA MALANG, SMNNews.co.id - Bank Indonesia (BI) kantor Perwakilan Malang mulai membuka layanan penukaran uang baru sejak 19 Maret hingga 4 April 2024. Total...

Sekda Asahan Buka FGD RPJMD Kabupaten Asahan

ASAHAN, SMNNews.co.id - Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution membuka Focus Group Discussion (FGD) penyusunan teknokratik RPJMD Kabupaten Asahan di Aula Melati...