Remaja Desa, Tampilkan Jaranan Atraktif

 

jaranan, Turonggo Trisno Budoyo malam itu nampak indah menghibur warga Sumurup dan Dompyong, Kecamatan Bedungan, Trenggalek

Trenggalek, suaramedianasional.co.id – Puluhan remaja desa Kecamatan Bendungan sebelumnya sudah berlatih untuk performa di depan ratusan pasang juta mata. Sebagai malam hiburan TMMD Reg 105 Kodim Tegal, banyak warga yang antusias untuk hal itu. Seni jaranan, Turonggo Trisno Budoyo malam itu nampak indah menghibur warga Sumurup dan Dompyong, Kecamatan Bedungan, Trenggalek.

Pagelaran ini dimaksudkan memberikan edukasi melalui wayang kulit yang sedang dibawakan oleh dalang Lukito. Tema pegelaran wayang kulit itu berjudul Semar Membangun Kayangan. Judul semar membangun kayangan dimaskudkan sebagai filosofi bahwa orang kecil bisa membangun desanya dengan semangat hingga berhsil. Berbagai cara dilakukan dengan positif. Agar semua akses dan kebutuhan desanya bisa mamkmur sentosa.

Hibruan bukan semata menjadi ajang santai melainkan memberikan edukasi tentang filsafat yang ada. Jaranan hanya sebagai pembuka acara saja. Malam hiburan juga disajikan dalam memeriahkan TMMD Reg 105 Kodim Trenggalek pada Sabtu (27/7), malam di Desa Masaran, Kecamatan Bendungan, Trenggalek.

Kapten Inf Supoto selaku Danramil 04 Bendungan memberikan sambutan dalam rangka pelaksanaan TMMD 2019 memberikan hiburan rakyat dengan menyelengarakan pagelaran kesenian wayang kulit Ki dalang Lukito itu. Dalam sambutannya, menekankan aan pentingnya kerjasama yang baik.Semisal antara TNI dan rakyat. Melalui TMMD ini bisa menjadi pelecut kerjasama.

“Saya salut dengan remaja desa sisni, mau melestarikan budaya yang ada. Apalagi banyak remaja yang enggan menari jatanan, banyak yang suka akan mode baru, seprti pop, Hiphop,” jelasnya.(pendim)